Kemal 'Nyanyi' Soal Korupsi Rp33 M di Tangsel

Kemal Mustafa. (yud)

Kabar6-‎Kemal Mustapa, kembali bersuara lewat 'nyanyian merdu'. Pejabat di lingkup Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) ini melaporkan penyelewengan institusinya ke Direktorat Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Mabes Polri.

"Semua uang yang dikorupsi dari APBD," ungkapan Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangsel, Kemal Mustapa, kepada kabar6.com di kantornya kawasan BSD, Kecamatan Serpong, Kamis (17/8/2018).‎**Baca Juga: Pemkot Tangsel, Apa Kabarnya Kasus Kemal

Ia mengklaim kantongi data Dokumen Penggunaan Anggaran (DPA) yang diselewengkan oleh oknum di sejumlah organisasi perangkat daerah.‎ Salinan fotocopy pun telah diserahkannya langsung ke perwira bintang satu Bareskrim Mabes Polri.**Baca Juga: Begini Reaksi Pesbukers Tonton Video Kemal‎ Mustapa

Data tersebut bisa menjadi petunjuk awal bagi aparat kepolisian untuk melakukan penyelidikan atas penyelewengan dana APBD Kota Tangsel. Total anggaran kas daerah yang dikorupsi jumlahnya mencapai Rp33 milliar lebih.**Baca Juga: Belum Ditindak, Bisa Jadi Tuduhan Kemal Benar

Ia berharap, Tim Densus Tipikor Bareskrim Mabes Polri dapat segera mengungkap tabir kasus dugaan tindak pidana korupsi di Kota Tangsel. Pertama, laporan data berkaitan dengan program serta kegiatan non teknis yang dibiayai dari APBD Perubahan 2015.
 
‎Kemal mengkalkulasi jumlah kerugian negara menembus angka sekitar Rp5 miliar lebih. ‎Laporan kedua terkait dengan korupsi untuk program dan kegiatan teknis yang nilainya sebanyak Rp7 milliar lebih. alokasinya bersumber dari APBD murni 2015.

"Modus korupsinya hampir sama. Utak-atik SPj (surat pertanggungjawaban)‎," terang Kemal. Ia juga mengaku,‎ dalam waktu dekat akan kembali menyerahkan data kasus serupa ke aparat Korps Bhayangkara yang berkantor di Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan.

Total jumlah pulus yang diselewengkan secara berjamaah dan masif dalam laporan ketiganya mencapai Rp21 milliar. Uang itu dialokasikan untuk pos belanja tidak langsung atau belanja pegawai.

Kemal mengungkapkan, praktek tindak pidana korupsi ini sudah berlangsung sejak Tahun Anggaran 2013-2017. Menurutnya, ada beragam modus korupsi yang sering dilakukan.

Seperti untuk membayar honor kegiatan pegawai serta tamu undangan, biaya sewa tempat serta makan dan minum acara rapat koordinasi serta sosialisasi,‎ pencairan Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD) ke dalam dan luar kota hingga luar negeri.

"Coba saja Anda telusuri ke hotel-hotel dan restoran yang biasa dipakai untuk acara rapat. Celah korupsi dari biaya pemakaian tempat usaha tersebut sangat besar. Lihat juga pajaknya, belum tentu dibayar,"‎ sebutnya.(yud)

Tags: berita tangsel,

Berita Lainnya

IMAGE Polres Tangsel Kerahkan 575 Personel ke Jakarta
illustrasi Kabar6-Jajaran Kepolisian Resort Tangerang Selatan bersiaga untuk mengawal aksi Tamasya...
IMAGE Begini Kata Panwaslu Soal Dugaan Kecurangan Caleg...
Kabar6-Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Tangerang mengaku sudah menerima laporan warga...
IMAGE Ikhsan Bhakti Ketua Tagana Kota Tangerang...
Kabar6-Ikhsan Bhakti akhirnya terpilih secara aklamasi sebagai Koordinator Taruna Siaga Bencana...
IMAGE Pemkot Tangerang Janji Perbaiki PJU Rusak
Kabar6-Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang berjanji akan segera melakukan perbaikan lampu Penerangan...
IMAGE Polisi Belum Rinci Ciri-ciri Penculik Putri Tiri...
Kabar6-Kepolisian Resor Metropolitan Tangerang hingga kini masih belum bisa menyimpulkan ciri-ciri...

Tangerang Kabupaten

Buruh PT Cingluh Pasar Kemis...
IMAGE Ilustrasi. (Ist) Kabar6- Suryanah (40), salah seorang buruh PT Cingluh...

Tangerang Kota

Hii, Banyak Sarang Tawon di...
IMAGE Ilustrasi. (Ist) Kabar6-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota...

Tangerang Selatan

Gedung Baru, Pelayanan di BPN...
IMAGE Gedung baru BPn Tangsel. (yud) Kabar6-Menteri Agraria Tata Ruang dan Badan...

Tangerang Baru

Mahal, Tarif Parkir...
IMAGE Parkir Kabar6-Parkir meter di Summarecon Mal Serpong (SMS), Kecamatan...

Bandara

Pegawai Kantor Imigrasi...
IMAGE Ilustrasi. (Ist) Kabar6-Kantor Imigrasi Bandara Soekarno Hatta (Soetta)...

Komunitas

AXIS Dance Competition 2017,...
IMAGE Penampilan dari salah satu finalis AXIS School Dance Competition...

Mengabarkan Informasi Seputar Wilayah Tangerang Kabupaten, Tangerang Kota, Tangerang Selatan, Bandara, Banten serta Berita Unik & Hot lainnya.

Copyright © Kabar6.com All Rights Reserved