Tingkatkan Fungsi Otak dengan 6 Jenis Makanan Ini

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Selain membantu kita agar menjadi lebih konsentrasi, makanan tertentu juga dapat membantu meningkatkan fungsi otak. Diketahui, seiring bertambahnya usia, kita akan mengalami penurunan fungsi otak. Nah, makanan apa saja sih yang dapat membantu meningkatkan fungsi otak? Dilansir doktersehat, ini dia jenis makanan yang dimaksud:

1. Kafein
Memberikan energi dan meningkatkan konsentrasi. Kafein dapat ditemukan dalam kopi, cokelat, minuman berenergi, dan beberapa obat medikasi. Kafein dapat memberikan efek 'melek' bagi Anda, meskipun hanya dalam jangka waktu pendek. Namun lebih baik tetap mengkonsumsi kafein dalam jumlah yang wajar karena apabila berlebihan, kafein dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan gelisah.

2. Gula
Gula sangatlah dibutuhkan oleh tubuh kita sebagai energi. Sebenarnya bukanlah gula namun kandungan gula, yaitu glukosa, yang didapatkan dari gula dan karbohidrat dari makanan yang dikonsumsi.

Oleh karena itu, apabila kita mengonsumsi minuman manis, dapat memberikan kita efek segar yang meningkatkan pikiran, memori, dan kemampuan mental. Sama seperti kafein, jumlah gula yang kita komsumsi tetap harus dalam batas yang wajar agar tidak menimbulkan masalah kesehatan lainnya.

3. Ikan
Ikan terkenal akan kandungan proteinnya yang tinggi dan asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk otak, yang baik untuk mengurangi risiko demensia, stroke, dan penurunan mental. Selain itu, juga baik untuk meningkatkan memori seiring bertambahnya tua. Untuk kesehatan tubuh dan otak sebaiknya mengkonsumsi dua porsi ikan setiap satu minggu.

4. Cokelat & kacang-kacangan
Kacang-kacangan dan biji-bijian adalah sumber antioksidan dan vitamin E yang baik mengurangi penurunan kemampuan kognitif karena umur bertambah. Cokelat hitam juga memiliki antioksidan yang sangat kuat dan terdapat kandungan kafein yang dapat meningkatkan fokus. Anda dapat menikmati satu ons kacang-kacangan dan cokelat hitam sehari untuk mendapatkan keuntungan gizi dari makanan tersebut.

5. Alpukat & gandum
Semua organ dalam tubuh kita bergantung dari aliran darah, terutama jantung dan otak. Diet dengan mengkonsumsi gandum utuh dan buah seperti alpukat dapat menurunkan risiko jantung dan kolesterol.

Hal ini berarti mengurangi risiko penumpukan plak dan meningkatkan aliran darah, serta merupakan cara yang mudah untuk menstimulasi sel-sel otak. Gandum utuh seperti popcorn dan whole-meat mengandung serat dan vitamin E. Lemak dalam alpukat merupakan lemak monounsaturated yang baik untuk aliran darah tubuh kita.

6. Blueberries
Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa blueberries dapat melindungi otak dari kerusakan yang ditimbulakn oleh radikal bebas dan dapat mengurangi efek penuaan seperti Alzheimer dan demensia. ** Baca juga: 3 Cara Cerdas Penuhi Vitamin Alami dengan Buah

Studi juga menunjukkan bahwa diet blueberries dapat meningkatkan fungsi otot dari tikus yang membuat mereka memiliki kemampuan mental yang sama dengan tikus yang berumur lebih muda.(ilj/bbs)

Aneka Berita Lainnya

IMAGE Tidak Miliki Anak, Thimmakka Tanam Ratusan Pohon
Saalumarada Thimmakka.(mrmondialisation) Kabar6-Kehadiran seorang anak dalam sebuah keluarga tentu...
IMAGE Maaf, Perusahaan Ini Hanya Menerima Karyawan di...
Sebagian karyawan manula.(nextshark) Kabar6-Biasanya sebuah perusahaan akan merekrut karyawan baru...
IMAGE Wangi Parfum Cepat Hilang, Ini Penyebabnya
Ilustrasi/bbs Kabar6-Untuk menunjang penampilan sekaligus memberi aroma segar pada tubuh, Anda...
IMAGE Astaga, Pria Ini Mampu Telan 40 Buah Pisau
Pisau yang berhasil dikeluarkan.(Detik) Kabar6-Ada beberapa gangguan makan yang sudah diketahui,...
IMAGE Rajin Mandi Sauna Hindari Pikun?
Ilustrasi/bbs Kabar6-Mandi sauna dalam dunia kesehatan diketahui sebagai salah satu terapi yang...

Bisnis

GIB Land dan Bank UOB Garap Sektor...
IMAGE Ilustrasi. (Ist) Kabar6-Meski hanya memiliki wilayah dengan luas 210,49...
Daru Estates, Rumah Murah Dekat...
IMAGE Daru Estates.(ist) Kabar6-PT Arifindo Adiputra Ariaguna, pengembang...

Kuliner

Yuk, Nikmati Bir Pletok...
IMAGE Bir Pletok, Khas Betawi.(ist) Kabar6-Festival Kuliner menu khas nusantara...
Idul Fitri, Cafe Bandar...
IMAGE Cafe Bandar Durian. (agm) Kabar6- Bisnis buah durian seakan tak pernah...

Sehat

Sebelum Makan, Kenali Dulu...
IMAGE Ilustrasi/bbs Kabar6-Tiap kali perut 'keroncongan' secara otomatis Anda...
Hapus Patah Hati & Sedih...
IMAGE Ilustrasi/bbs Kabar6-Apa yang biasa Anda lakukan saat terpuruk karena...

Mengabarkan Informasi Seputar Wilayah Tangerang Kabupaten, Tangerang Kota, Tangerang Selatan, Bandara, Banten serta Berita Unik & Hot lainnya.

Copyright © Kabar6.com All Rights Reserved