Kapan Waktu Tepat Konsumsi Vitamin?

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Sebagian pendapat mengatakan bahwa vitamin harus dikonsumsi pada pagi hari agar Anda lebih berenergi untuk melakukan aktivitas. Sementara selebihnya justru menyarankan Anda mengonsumsi vitamin di malam hari agar saat bangun tidur keesokan harinya Anda menjadi segar bugar.

Sebenarnya kapan sih waktu yang tepat untuk mengonsumsi vitamin? Dilansir Hello Sehat, mengonsumsi vitamin pada pagi atau malam hari sebenarnya tergantung pada jenis vitamin itu sendiri.

Jika Anda mengonsumsi multivitamin, yaitu satu vitamin dengan banyak kandungan jenis vitamin, waktu terbaik adalah pagi hari usai sarapan atau makan siang. Alasannya, multivitamin adalah zat sintesis yang paling baik diserap oleh tubuh saat dikonsumsi dengan makanan lainnya. Mengonsumsi multivitamin di pagi hari memungkinkan zat ini terserap dengan baik ke dalam tubuh bersamaan dengan makanan yang Anda telan.

Vitamin yang larut dalam lemak, biasanya harus dikonsumsi dengan beberapa jenis makanan sumber lemak seperti kacang-kacangan agar bisa diserap ke dalam tubuh. Contoh vitamin yang larut dalam lemak adalah vitamin A, D, E, dan K. Jenis vitamin ini baik dikonsumsi pagi hari.

Namun jika vitamin yang larut dalam air, contohnya vitamin C dan B, sangat dibutuhkan setiap hari. Kapan waktu yang tepat mengonsumsinya? Vitamin C dan B tidak perlu dikonsumsi bersamaan dengan makanan. Vitamin ini akan terserap dengan baik ke dalam tubuh baik di pagi hari, siang, atau malam hari.

Beberapa orang mungkin merasa tidur mereka terganggu karena mengonsumsi multivitamin sebelum tidur, hal ini menyebabkan mereka terbangun lebih sering pada malam hari dan menjadi kurang tidur.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Sleep Medicine pada Desember 2007 silam menemukan, ada keterkaitan antara penggunaan multivitamin dan kualitas tidur, namun ini tidak membuktikan bahwa vitamin tersebut menyebabkan masalah tidur. Jika Anda merasa mengonsumsi vitamin di malam hari mengganggu tidur, mungkin lebih baik dikonsumsi pada pagi hari.

Beberapa vitamin memang bisa berinteraksi dengan senyawa dalam makanan atau dengan obat-obatan, yang berpotensi mengganggu penyerapannya. Misalnya, Anda tidak boleh minum vitamin yang mengandung zat besi dengan kalsium secara bersamaan. Sebaiknya hindari mengonsumsi makanan berserat tinggi atau minum kopi atau teh saat Anda mengonsumsi suplemen multivitamin atau zat besi. ** Baca juga: Tanpa Disadari, Ada Racun yang Dikonsumsi Manusia Setiap Hari

Sebelum mengonsumsi vitamin ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter agar hasilnya lebih maksimal.(ilj/bbs)

Aneka Berita Lainnya

IMAGE Lezatnya Malaysian Street Food di YuGo Restaurant
Nasi Ayam Percik.(asri) Kabar6-Anda suka makanan khas Malaysia? Nah, ini ada kabar gembira, khusus...
IMAGE Lucunya Desain Gaun Dari Sayuran Ini
Gaun sayuran yang unik.(bbs) Kabar6-Beragam model gaun yang dirancang oleh desainer umumnya...
IMAGE Wow, Jepang Produksi Bra Padi
Bra padi dibuat agar wanita tertarik pada pertanian.(bbs) Kabar6-Ada bermacam corak dan model bra...
IMAGE Bikin Mual, Burger Daging Tikus Jadi Favorit Di...
Burger daging tikus di Rusia.(firstwefeast.com) Kabar6-Anda penggemar burger biasanya akan...
IMAGE Ada Kisah Apa di Balik Model Rambut Ini?
Kabar6-Model rambut zaman sekarang, kadang terinspirasi dari model unik rambut zaman dulu, bahkan...

Bisnis

GIB Land dan Bank UOB Garap Sektor...
IMAGE Ilustrasi. (Ist) Kabar6-Meski hanya memiliki wilayah dengan luas 210,49...
Daru Estates, Rumah Murah Dekat...
IMAGE Daru Estates.(ist) Kabar6-PT Arifindo Adiputra Ariaguna, pengembang...

Kuliner

Yuk, Nikmati Bir Pletok...
IMAGE Bir Pletok, Khas Betawi.(ist) Kabar6-Festival Kuliner menu khas nusantara...
Idul Fitri, Cafe Bandar...
IMAGE Cafe Bandar Durian. (agm) Kabar6- Bisnis buah durian seakan tak pernah...

Sehat

Sebelum Makan, Kenali Dulu...
IMAGE Ilustrasi/bbs Kabar6-Tiap kali perut 'keroncongan' secara otomatis Anda...
Hapus Patah Hati & Sedih...
IMAGE Ilustrasi/bbs Kabar6-Apa yang biasa Anda lakukan saat terpuruk karena...

Mengabarkan Informasi Seputar Wilayah Tangerang Kabupaten, Tangerang Kota, Tangerang Selatan, Bandara, Banten serta Berita Unik & Hot lainnya.

Copyright © Kabar6.com All Rights Reserved