Tidak Disarankan Konsumsi Minuman Manis Saat Makan Daging

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Agar dapat membangun masa otot atau saat menjalankan program diet, para pria kerap memilih makanan tinggi protein seperti steak, ayam panggang, telur rebus, olahan kacang, dan jenis asupan tinggi protein lainnya.

Sayang, manfaat dari diet tinggi protein ternyata bisa 'dihancurkan' oleh minuman bergula tinggi seperti soda, teh manis, minuman manis kemasan, dan bahkan jus buah.

Karena itulah, dilansir Men's Fitness, dianjurkan agar Anda tidak mengonsumsi minuman manis bersamaan dengan makanan kaya protein. Hal itu karena minuman yang mengandung gula tinggi dapat mengacaukan metabolisme tubuh, sehingga membuat tubuh cepat gemuk, saat 'dipasangkan' dengan makanan berprotein tinggi.

Dalam penelitian yang terbit di jurnal BMC Nutrition, para periset menemukan apa yang terjadi saat Anda mencampur sesuatu yang manis dengan makanan kaya protein. Hasilnya adalah penggemukan tubuh.

Periset mengumpulkan 27 orang dewasa muda dengan berat badan yang sehat dan melibatkan mereka ke dalam dua studi 24 jam. Setelah semalaman berpuasa, peserta diberi dua porsi makanan yang masing-masing mengandung 15 persen protein dan 30 persen protein.

Setiap makanan mengandung 500 kalori dan 17 gram lemak, dan salah satu porsi makan dipasangkan dengan minuman manis. ** Baca juga: Tidak Baik Untuk Tubuh, Konsumsi Protein Berlebihan

Selama penelitian, peserta studi ditempatkan di ruang kalorimeter, yaitu ruangan yang dapat mengukur aktivitas, oksigen, karbon dioksida, temperatur, dan tekanan untuk mengetahui pengeluaran energi dan pengolahan nutrisi oleh tubuh.

Disebutkan, saat peserta diberi satu porsi makanan dengan minuman manis, terjadi penurunan oksidasi lemak dalam tubuh, yaitu sebuah proses penting dalam pembakaran lemak.

"Kami terkejut dengan dampak minuman manis pada metabolisme saat dipasangkan dengan makanan berprotein tinggi," kata pemimpin penelitian Shanon Casperson, Ph.D., ahli biologi penelitian di Pusat Penelitian Nutrisi Manusia di Grand Forks AS. "Kombinasi ini juga meningkatkan keinginan makan makanan gurih dan asin selama empat jam setelah makan."

Memasangkan minuman manis dengan makanan tinggi protein dapat mempengaruhi asupan dan keseimbangan energi. "Di sisi asupan, energi tambahan dari minuman manis tidak membuat orang merasa lebih kenyang," kata Casperson. "Di sisi pengeluaran, kalori tambahan dari minuman manis tidak mudah dikeluarkan tubuh dan justru menyebabkan penurunan pembakaran lemak." (ilj/bbs)

Aneka Berita Lainnya

IMAGE Commonwealth Life kampanyekan Gaya Hidup Sehat
Kabar6-Kampanyekan gaya hidup sehat, Commonwealth menggelar Happy Healthy Walk 2014. Acara dihelat...
IMAGE Buang Gas Saat Bercinta, Ini Cara Menghindarinya
Ilustrasi/bbs Kabar6-Satu peristiwa yang cukup memalukan sekaligus merusak suasana adalah buang gas...
IMAGE Ketahui Empat Manfaat Bercinta Dengan Lampu...
Ilustrasi/bbs Kabar6-Tidak sedikit pasangan suami istri yang lebih memilih bercinta dalam kondisi...
IMAGE Beri 'Like' di Facebook, Pria Ini Malah Didenda...
Ilustrasi/bbs Kabar6-Hanya karena memberi 'Like' pada sebuah komentar di Facebook, seorang pria...
IMAGE Peraturan Unik, Sebuah Perusahaan di Jepang...
Tampak karyawan Iris Ohyama sedang bekerja.(gizmodo.com) Kabar6-Iris Ohyama, sebuah perusahaan di...

Bisnis

GIB Land dan Bank UOB Garap Sektor...
IMAGE Ilustrasi. (Ist) Kabar6-Meski hanya memiliki wilayah dengan luas 210,49...
Daru Estates, Rumah Murah Dekat...
IMAGE Daru Estates.(ist) Kabar6-PT Arifindo Adiputra Ariaguna, pengembang...

Kuliner

Yuk, Nikmati Bir Pletok...
IMAGE Bir Pletok, Khas Betawi.(ist) Kabar6-Festival Kuliner menu khas nusantara...
Idul Fitri, Cafe Bandar...
IMAGE Cafe Bandar Durian. (agm) Kabar6- Bisnis buah durian seakan tak pernah...

Sehat

Sebelum Makan, Kenali Dulu...
IMAGE Ilustrasi/bbs Kabar6-Tiap kali perut 'keroncongan' secara otomatis Anda...
Hapus Patah Hati & Sedih...
IMAGE Ilustrasi/bbs Kabar6-Apa yang biasa Anda lakukan saat terpuruk karena...

Mengabarkan Informasi Seputar Wilayah Tangerang Kabupaten, Tangerang Kota, Tangerang Selatan, Bandara, Banten serta Berita Unik & Hot lainnya.

Copyright © Kabar6.com All Rights Reserved