Benarkah Konsumsi Teh Hijau Bisa Bikin Kurus?

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Banyak yang menyarankan mengonsumsi teh hijau untuk membantu menurunkan berat badan. Benarkah saran tersebut? Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam 'Obesity' pada 2005 silam menganalisa 76 orang dewasa dengan kelebihan berat badan.

Mereka mengonsumsi makanan yang kalorinya sudah dikurangi selama empat minggu untuk membantu menurunkan berat badan, kemudian masa pemeliharaan berat badan selama tiga bulan.

Peneliti juga menganalisis konsumsi kafein para partisipan. Dilansir Sfgate, selama fase pemeliharaan berat badan, peserta diberi campuran teh hijau dan kafein atau plasebo.  Asupan kafein yang tinggi dikaitkan dengan penurunan berat badan yang meningkat melalui termogenesis, atau produksi panas dalam tubuh, dan pemecahan lemak.

Penambahan teh hijau dengan kafein pada diet rendah kafein sebelumnya memperbaiki perawatan penurunan berat badan. Beberapa penelitian lain juga menunjukkan bahwa ekstrak teh hijau dapat meningkatkan metabolisme dan membantu membakar lemak.

Minum teh hijau atau minuman berkalori rendah lainnya sebelum makan dapat membantu menstimulasi penurunan berat badan dengan menurunkan nafsu makan. Teh bebas kafein dan teh berkafein dalam jumlah sedang juga menjaga tubuh agar tidak mengalami dehidrasi, dehidrasi yang dapat merusak kemampuan tubuh Anda untuk memetabolisme lemak.

Seorang ahli diet dan terapi gizi di Beverly Hills, California, merekomendasikan mengkonsumsi teh hijau dengan makanan yang akan membantu peningkatan metabolisme tubuh Anda dari kerja kafein.

Penambahan sedikit gula memang tidak merusak tujuan penurunan berat badan, namun disarankan untuk menambahkan gula maksimal enam sendok teh dalam sehari. Untuk menghindari lemak dan kalori berlebihan dalam teh, hindari penambahan yang tidak sehat seperti krim gula dan krim berlemak berlebihan.

Meskipun tidak ada dosis standar mengenai teh hijau untuk menurunkan berat badan, University of Maryland Medical Center merekomendasikan minum 2-3 cangkir teh hijau yang akan menyediakan 240-320 mg polifenol  yang merupakan antioksidan yang terkait dengan manfaat anti penuaan dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Hal tersebut karena mengonsumsi teh hijau berlebihan juga bisa mengganggu gangguan psikologis seperti kecemasan, memperburuk masalah ginjal, tekanan darah tinggi, sakit maag dan masalah jantung. ** Baca juga: Waduh, Kurang Tidur Justru Bikin Cepat Lapar

Selain itu bila Anda ingin menurunkan berat badan yang terbaik adalah jangan hanya menggantungkan diri pada teh hijau namun dengan menjaga asupan makanan yang dikonsumsi dan melakukan olahraga dengan teratur.(ilj/bbs)

Aneka Berita Lainnya

IMAGE Uniknya Tradisi Tahun Baru di Sini
Kabar6-Merayakan tahun baru seperti sudah menjadi tradisi di beberapa negara belahan dunia. Beragam...
IMAGE Hadi Safari: Saya Terlahir Berdarah Hijau
Kabar6-Jika Orang Indonesia mengenal peribahasa “Darah Itu Merah”, yang melambangkan keberanian...
IMAGE Berdiet Tanpa Menahan Lapar Ala Feng Shui
Ilustrasi/bbs Kabar6-Apakah Anda saat ini sedang menjalankan program diet? Nah, feng shui ternyata...
IMAGE Benarkah Sprei Warna Merah & Hitam Lebih Disukai...
Ilustrasi/bbs Kabar6-Kutu busuk adalah serangga parasit dari keluarga Cimicidae, yang senang...
IMAGE Caden, Bocah 10 Tahun dengan Bobot Capai 90 Kg...
Caden Benjamin.(metro.co.uk) Kabar6-Berat badan Caden Benjamin sepertinya terbilang luar biasa...

Bisnis

GIB Land dan Bank UOB Garap Sektor...
IMAGE Ilustrasi. (Ist) Kabar6-Meski hanya memiliki wilayah dengan luas 210,49...
Daru Estates, Rumah Murah Dekat...
IMAGE Daru Estates.(ist) Kabar6-PT Arifindo Adiputra Ariaguna, pengembang...

Kuliner

Yuk, Nikmati Bir Pletok...
IMAGE Bir Pletok, Khas Betawi.(ist) Kabar6-Festival Kuliner menu khas nusantara...
Idul Fitri, Cafe Bandar...
IMAGE Cafe Bandar Durian. (agm) Kabar6- Bisnis buah durian seakan tak pernah...

Sehat

Sebelum Makan, Kenali Dulu...
IMAGE Ilustrasi/bbs Kabar6-Tiap kali perut 'keroncongan' secara otomatis Anda...
Hapus Patah Hati & Sedih...
IMAGE Ilustrasi/bbs Kabar6-Apa yang biasa Anda lakukan saat terpuruk karena...

Mengabarkan Informasi Seputar Wilayah Tangerang Kabupaten, Tangerang Kota, Tangerang Selatan, Bandara, Banten serta Berita Unik & Hot lainnya.

Copyright © Kabar6.com All Rights Reserved