Pahami Mitos & Fakta Tentang Kegemukan (Bagian 1)

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Tidak ada seorang pun yang ingin memiliki tubuh penuh lemak alias kegemukan. Selain tidak sedap dipandang mata, dari segi kesehatan pun memiliki tubuh gemuk pun bukanlah hal yang disarankan.

Di satu sisi tidak sedikit mitos perihal kegemukan yang kebenarannya masih diragukan. Dikutip dari TabloidNova, berikut adalah mitos dan fakta tentang kegemukan:

1. Gemuk merupakan faktor keturunan
Faktanya, kegemukan karena faktor keturunan hanya lima persen. Selebihnya karena pola makan yang tidak benar dan tidak bergerak atau malas berolahraga. Meskipun Anda memiliki warisan genetis kelebihan berat badan, gen tidak otomatis mengubah tubuh menjadi gemuk. Pesan genetik yang memengaruhi kinerja organ tubuh berakibat sistem metabolisme Anda cenderung membuat gemuk.

2. Makan pada malam hari bikin gemuk
Faktanya, permasalahan bukan terletak pada pukul berapa Anda makan malam. Ada tiga hal yang menjadikan makan malam membuat bobot bertambah, yaitu seberapa banyak kalori yang dikonsumsi, seberapa berat aktivitas Anda sepanjang hari, dan jenis makanan yang Anda konsumsi.

Tubuh akan menyimpan kelebihan kalori dalam bentuk lemak, kapan pun Anda makan. Hal yang penting adalah menjaga keseimbangan antara kalori yang keluar dengan yang masuk.

Makan malam tidak akan membuat perut buncit selama tidak melebihi kebutuhan kalori harian, dengan syarat Anda pun harus tetap melakukan aktivitas atau olahraga, dan berhentilah makan sebelum kenyang.

3. Hindari konsumsi air es usai makan
Faktanya, tubuh akan selalu menghasilkan panas sehingga suhu di dalam organ pencernaan lebih tinggi daripada suhu di rongga mulut. Lemak beku akan menempel dan larut dengan sendirinya saat masuk ke organ pencernaan. Artinya, dengan atau tanpa es, lemak akan tetap masuk ke dalam tubuh.

Jadi, es bukanlah masalahnya, melainkan jenis makanan sekaligus kalori dan porsinya. Air es bisa memberikan kelebihan asupan kalori apabila ditambahkan pemanis, antara lain seperti sirup.

4. Stres penyebab kegemukan
Faktanya, hal ini bersifat relatif, alias tidak terjadi pada semua orang. Stres berlebih terkadang malah membuat seseorang tidak bernafsu makan, sehingga bukan sumber utama kegemukan. Jadi tergantung pola pikir setiap individu.

Terdapat beberapa penyebab yang membuat berat tubuh cepat naik saat stres, seperti gangguan metabolisme yang melambat dan membuat pembakaran kalori dalam tubuh berkurang. Harus diakui, stres memang dapat memicu luapan ekspresi yang disalurkan dengan makan berlebih. Namun kondisi ini hanya terjadi pada sebagian orang saja. Mengkonsumsi makanan tidak sehat pada saat tidak stres pun bisa memicu penumpukan lemak berlebih dalam tubuh.

5. Langsung tidur usai makan sebabkan kegemukan
Faktanya, istirahat merupakan saat bagi tubuh untuk melakukan metabolisme yang membantu kerja jantung, fungsi ginjal, otak hingga pencernaan. Dengan beristirahat cukup dan mengelola makan, Anda tak perlu khawatir lemak bakal menumpuk. ** Baca juga: Makan Malam Terbaik Untuk Kulit Cantik

Proses bertambahnya berat tubuh juga memakan waktu, artinya, tidak serta merta lemak akan menumpuk begitu Anda tidur usai makan. Imbangi kegiatan makan dengan aktivitas gerak agar seimbang.(ilj/bbs)

Bersambung...

Aneka Berita Lainnya

IMAGE Ternyata Makan di Antara Dua Waktu Ini Bantu...
Ilustrasi/bbs Kabar6-Banyak pelaku diet yang menghindari makan malam untuk menghindari kenaikan...
IMAGE 500 Pembalap Berlaga pada Drag Bike 201M...
Kabar6-Tak kurang dari 500 pembalap bertarung di Ajang bergengsi Drag Bike 201M Championship 2012,...
IMAGE Apa Saja Tantangan yang Dihadapi Tiap Zodiak...
Ilustrasi/bbs Kabar6-Perbedaan yang timbul di antara Anda dan pasangan bisa menjadi pelengkap satu...
IMAGE Jangan Salah, Pria pun Ada yang Malu Saat Bercinta
Ilustrasi/bbs Kabar6-Tidak hanya wanita yang kurang percaya diri tampil polos di depan pasangannya...
IMAGE Menata Tempat Tinggal Menurut Feng Shui
Kabar6-Feng shui dianggap sebagai ilmu untuk menyeimbangkan energi dari tempat tertentu, sehingga...

Bisnis

GIIAS 2017, Kia Indonesia Jual 206...
IMAGE KIA Mobil. (Ist) Kabar6-Kia Mobil Indonesia membukukan penjualan sebanyak...
GIB Land dan Bank UOB Garap Sektor...
IMAGE Ilustrasi. (Ist) Kabar6-Meski hanya memiliki wilayah dengan luas 210,49...

Kuliner

Yuk, Nikmati Bir Pletok...
IMAGE Bir Pletok, Khas Betawi.(ist) Kabar6-Festival Kuliner menu khas nusantara...
Idul Fitri, Cafe Bandar...
IMAGE Cafe Bandar Durian. (agm) Kabar6- Bisnis buah durian seakan tak pernah...

Sehat

4 Hal Ini Ternyata Bisa...
IMAGE Ilustrasi/bbs Kabar6-Metabolisme adalah suatu proses kimiawi yang terjadi...
Ini Lho 5 Buah yang Rendah...
IMAGE Ilustrasi/bbs Kabar6-Meskipun sehat, beberapa jenis buah mengandung kadar...

Mengabarkan Informasi Seputar Wilayah Tangerang Kabupaten, Tangerang Kota, Tangerang Selatan, Bandara, Banten serta Berita Unik & Hot lainnya.

Copyright © Kabar6.com All Rights Reserved