RSUD Balaraja Siap Jadi Tipe B Tahun 2017

. Kabar Pemda

Direktur RSUD Balaraja, dr Reniati Herdis.(agm)

Kabar6-Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Balaraja yang berlokasi di Desa Tobat, Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang, bakal naik kelas dari rumah sakit tipe C menjadi rumah sakit tipe B.


Peningkatan status RSUD Balaraja yang dipastikan pada April 2017 mendatang itu, bertujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat di diwilayah berjuluk seribu industri tersebut.

"Tahun 2017, kita (RSUD Balaraja) akan naik kelas dari rumah sakit tipe C menjadi tipe B," ujar Direktur RSUD Balaraja, dr Reniati Herdis, Kamis (22/12/2016).

Peningkatan tipe ini dilakukan, kata dr. Reniati, juga dibarengi dengan peningkatan fasilitas kesehatan, penambahan spesialis hingga tersedianya beberapa sub spesialis.

Demi tercapainya penetapan RSUD Balaraja menjadi tipe B, saat ini sarana dan prasarana RSUD Balaraja pun terus ditingkatkan.

"Peningkatan sarana dan prasarana menuju tipe B bahkan sudah mencapai 90 persen. Kita targetkan, pada April 2017 sudah bisa untuk naik kelas," jelas dr Reniati lagi.

RSUD Balaraja sendiri, kini sudah ditambah dengan pelayanan kesehatan spesialis jiwa, urologi dan lain-lain.

Direktur RSUD Balaraja, dr Reniati Herdis saat konferensi pers.(agm)


Sementara itu, kini RSUD Balaraja sudah membuka layanan tambahan, diantaranya Bank Darah, IGD Maternal, Gedung Central Steril Supply Department (CSSD), pelayanan Neonatal Intensive Care Unit (NICU), Bedah Urologi, dokter anak dan dokter layanan jiwa.

"Tahun depan, poliklinik sudah depan ke gedung baru, seiring dengan naik kelasnya rumah sakit ini. Kita akan tambah layanan dokter untuk tiap poli. Termasuk dokter sub spesialis ahli ginjal hipertensi. Semua itu demi memaksimalkan pelayanan bagi pasien," ujarnya.

Sedangkan untuk peningkatan manajemen, pihaknya akan meingkatkan Informasi Teknologi (IT), mulai dari pendaftaran sampai pasien meninggalkan rumah sakit.

dr. Reniati menyebut bila saat ini RSUD Balaraja telah menggunakan IT real time pada ketersediaan kamar.

"Sekarang pasien bisa mengetahui secara terbuka ketersediaan kamar perawatan. Pasien juga mendapatkan informasi pelayanan melalui SMS Gateway," ujarnya.

Kedepan, kata Reniati, pihaknya juga akan menggunakan aplikasi android untuk memudahkan komunikasi antara RSUD dengan pasien.

"Jadi, pasien bisa menanyakan ihwal layanan kesehatan dan ketersediaan kamar, tanpa harus datang ke RSUD Balaraja. Dan, bagi warga yang berada disekitar kawasan RSUD Balaraja, juga akan mendapatkan informasi seputar layanan RSUD," ujarnya. 

Sedangkan untuk areal parkir RSUD Balaraja, kini sudah dalam tahap Detail Engineering Design (DED). Direncanakan, parkir akan dibuat dalam bentuk gedung berlantai empat.

"Kita inginkan parkir bisa menampung banyak kendaraan. Ini juga bagian dari bentuk memaksimalkan pelayanan terhadap pasien," ujarnya.

Terkait dengan layanan pasien BPJS Kesehatan, Reniati memastikan bila RSUD Balaraja akan tetap konsisten memberikan pelayanan maksimal. Mengingat RSUD Balaraja sudah memiliki sistem klaim pembayan yang baik dengan BPJS Kesehatan.

"RSUD Balaraja punya sistem administrasi yang baik dengan PBJS Kesehatan," ujarnya.

Seiring dengan grand design RSUD Balaraja yang akan menjadi tipe B pada tahun 2017, Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar berharap seluruh direksi dan manajemen RSUD Balaraja, dapat terus meningkatkan sistem pelayanan kesehatan kepada masyakarat.

"Tentunya dengan tetap mempertimbangkan dan memperhatikan sarana dan prasarana sistem pelayanan kesehatan. Serta, ketersediaan dan kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas," ungkap Bupati Zaki menjelaskan.

Zaki juga berharap agar RSUD Balaraja tetap menjaga soliditas dan fokus pada visi dan misi yang telah ditetapkan. Serta, bersungguh-sungguh dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Sehingga nantinya, sistem serta kualitas pelayanan kesehatan terus berkembang secara merata kepada masyarakat Kabupaten Tangerang.

"Tentunya dapat memberikan efek positif bagi kemajuan RSUD Balaraja di masa mendatang. Dan, tentunya dapat membantu mempercepat Pemerintah Daerah dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Kabupaten Tangerang," katanya.(ADV)

Berita Lainnya

2 Rumah Rampung Dibedah Koramil 19...
IMAGE Kabar6-Dua rumah warga di Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), akhirnya rampung...
Terobos Garis Polisi "Teroris", Rider...
IMAGE Petugas menunjukkan vodka dari motor Mega Pro.(az) Kabar6-Polisi mengamankan seorang pemotor yang...
Kebanjiran, Warga Cikupa Geruduk Kantor...
IMAGE Kabar6-Puluhan warga Kampung Pasir Kalong, Desa Cibadak, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang,...
Gunung Sampah di Permata Pamulang Bisa...
IMAGE Tumpukan sampah di Permata Pamulang.(ard) Kabar6-Tumpukan Sampah yang menggunung di belakang...
384 Atlet Berlaga di Kejurprov...
IMAGE Kabar6-Sekitar 384 pebulutangkis ikut meramaikan Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Bulutangkis Banten...

Tangerang Kabupaten

Bertahan Pakai Cantrang, Ini...
IMAGE Seorang nelayan tengah membenahi cantrang.(ist) Kabar6-Sejumlah nelayan...

Tangerang Kota

Telinga Berdarah, Wanita...
IMAGE Jasad korban dievakuasi dari Hotel Flamboyan.(bad) Kabar6-Seorang wanita...

Tangerang Selatan

Bawa Lari Mobil Sewaan, Erick...
IMAGE Erik yang diamankan polisi.(cep) Kabar6-Erick Kartiadi (33), warga Desa...

Tangerang Baru

Mahal, Tarif Parkir...
IMAGE Parkir Kabar6-Parkir meter di Summarecon Mal Serpong (SMS), Kecamatan...

Bandara

290 Kilogram Narkotika Disita...
IMAGE Pihak Bea Cukai Soetta saat memberikan keterangan pers.(tia)...

Komunitas

BEM FH Untirta Rampungkan...
IMAGE Penyerahan penghargaan bagi juara lomba PKIMH Untirta.(foto: Abdurrosyid)...