Kabar6.Com

Kasus Penembakan Terhadap Polisi Diakui Wujud Bentuk Teror

Kabar6-Korps Bhayangkara khususnya di wilayah hukum Resort Jakarta Selatan berduka karena telah kehilangan seorang anggota saat hendak mengemban tugas. Kasus penembakan kali kedua yang menyebabkan Aiptu Dwiyatno (50) meninggal dengan luka tembak pada kepala bagian belakang merupakan aksi teror.

"Almarhum dedikasinya sangat tinggi dalam setiap menjalankan tugasnya. Bahkan nyaris tidak pernah terlambat," ungkap Kabagops Polres Metro Jakarta Selatan, AKBP Yossie B kepada wartawan di rumah duka, Rabu (7/8/2013).

Di mata para atasannya, terang Yossie, korban yang menjabat sebagai Binmas di Polsek Metro Cilandak sangat dekat dengan masyarakat wilayah hukumnya. Hal ini bisa dilihat dari kedatangan sejumlah biarawati sebuah gereja yang datang melayat ke rumah duka di Alam Segar I RT 001/08 Nomor 26, Kelurahan Pamulang Barat, Kecamatan Pamulang.

"Adanya kejadian ini tidak membuat kita gentar," terangnya. Menurut Yossie, serangkaian aksi penembakan yang telah terjadi diakui sebagai bentuk teror.

Saat ini aparat penegak hukum yang langsung bersentuhan dengan masyarakat jadi sasaran bidikan orang tidak bertanggungjawab. "Akan kita lawan terus aksi teror seperti ini. Pimpinan sudah menginstruksikan kepada semua anggota agar waspada," tegas Yossie.

Seperti diberitakan, korban Dwiyatno saat itu hendak berangkat bertugas menggunakan kendaraan sepeda motor dinas Suzuki Smash nopol 2643-31 VII. Setibanya depan gang Mandor, Jalan Otista Raya, RT 03/11, Kelurahan Ciputat, Ciputat, Kota Tangsel, sekitar pukul 04.30 WIB, korban ditembak dan pelaku melarikan diri.

Korban meninggal setelah dua butir peluru menembus kepala bagian belakang. Lokasinya hanya berjarak sekitar 50 meter dari pintu gerbang masuk RS Sari Asih Ciputat.

Dalam kurun waktu kurang dari sebulan, aksi penembakan terhadap aparat kepolisian di wilayah hukum Kota Tangerang Selatan (Tangsel), kembali terjadi. Kasus ini merupakan kali kedua setelah sebelumnya kasus serupa juga terjadi di jalan Raya Cirendeu, Ciputat Timur.(yud)

Share