Kabar6.Com

Spesialis Pembobol ATM BRI Ditangkap Polsek Pamulang

Kabar6-Seorang pelaku tunggal pencongkel box Anjungan Tunai Mandiri (ATM) berhasil dijebloskan ke jeruji besi oleh aparat Polsek Metro Pamulang. Pelaku Mardadi (32), ternyata telah melakukan serangkaian aksi sedikitnya di 14 titik lokasi.



"Pelaku ditangkap di ATM Bank BRI halaman Universitas Terbuka," ungkap Kapolsek Komisaris (Pol), Muhammad Nasir, Rabu (5/6/2013).

Nasir menjelaskan, modusnya pelaku mencongkel box ATM lalu mengambil kotak kartu ATM. Namun pada saat beraksi pelaku ketahuan lalu diamankan oleh petugas keamanan karena aksinya terlihat oleh monitor CCTV yang berada di dalam ruang ATM.

"BB (barang bukti) 1 buah box kartu ATM yang sudah berhasil diambil," kata Nasir.

Masih menurut Nasir, pelaku sengaja selalu mengincar gerai ATM Bank BRI. Pasalnya, dalam setiap transaksi menggunakan ATM di tempat perbelanjaan yang melayani debit belanja BRI tidak perlu menggunakan nomor rahasia PIN.

Berdasarkan keterangan pelaku, sejumlah titik lokasi gerai ATM yang berhasil dan gagal dibobol Mardadi antara lain, ATM BRI Cinere Mall, SPBU Pondok Labu, SPBU Depok, Superindo Cinere, tiga lokasi wilayah Pamulang, Kebagusan.

"Modus pelaku setiap berhasil mendapatkan kartu ATM yang dibobol digunakan untuk berbelanja. Karena kan ATM BRI tidak perlu gunakan PIN ke kasir," jelasnya.

Hingga kini pihaknya masih melakukan pemeriksaan dan penyidikan terhadap pelaku. "Jeratan hukumnya pasal berapa masih kita lihat dari hasil penyidikan nantinya," tambah perwira menengah itu.(yud)

 

Share