toner cash register ribbon

Kabar6.Com

Ini Tahapan dan Jadwal Pembebasan Lahan Tol Serpong-Cinere

Kabar6-Bagian Pertanahan Sekretariat Daerah (Setda) Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) memastikan bahwa sesuai jadwal tahapan pembayaran pembebasan lahan proyek tol Cinere-Serpong akan dilaksanakan pada akhir 2013 mendatang. 

Demikian dikatakan Kepala Bagian Pertanahan Setda Pemkot Tangsel, Heru Agus Santoso, Selasa (19/2/2013). "Setelah dilakukan pembayaran, barulah tanah itu bisa dikuasai pemerintah," ungkap Heru, saat ditemui kabar6.com.

Heru memaparkan, ada sejumlah tahapan yang harus dilalui dalam membantu proyek nasional tersebut. Diantaranya adalah, proses identifikasi lahan yang akan terkena pembebasan oleh pihak RT/RW, saat ini masih berlangsung.

Setelah rekapan RT/RW yang terkena pembebasan lahan diserahkan ke Badan Pertanahan Nasional (BPN), kemudian dilanjutkan dengan tahapan sosialisasi di masing-masing wilayah. Tahapan ini dijadwalkan berlangsung pada akhir Februari ini.

Tahapan kemudian berlanjut ke langkah pengukuran lahan. Untuk proses ini diperkirakan bakal menghabiskan waktu selama 3 sampai 4 bulan, terhitung mulai awal Maret mendatang.

Kemudian berlanjut ke tahap pengumuman. Pada tahapan ini nantinya warga dapat mengecek, apakah tanah yang dimilikinya telah sesuai dengan dokumen outentik dengan penguasaan lahan atau tidak. Tahapan ini juga termasuk bagi tanah yang sedang bersengketa atau berperkara di pengadilan.

Setelah proses pengumuman yang membutuhkan rentang waktu satu bulan, masih ada jeda untuk perbaikan keberatan. {ada tahapan ini, biasanya terjadi ketidaksesuaian data dilapangan dengan lahan kuasa pemilik rumah.

Selanjutnya, tahapan pembayaran. Tahapan ini dilakukan setelah melalui proses musyawarah dan kesepakatan.

"Jadi warga ga perlu khawatir, sebelum ada pembayaran dan pemberkasan antara PU dengan warga, lahan tentunya belum bisa dikuasai oleh pemerintah," jelas Heru.(yud)

Share