toner cash register ribbon

Kabar6.Com

Kandepag Tangsel Menumpang di MAN Insan Cendikia

Kabar6-Kementerian Agama melalui surat keputusan BII/3/27039 tanggal 26 Desember 2012 telah menunjuk Muhammad Subhi sebagai pejabat sementara (Pjs) Kantor Kementerian Agama (Kamenag) Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Pejabat yang kini menduduki posisi sebagai Kepala Bagian Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Provinsi Banten ini mengatakan telah merancang dan mempersiapkan sejumlah program pelayanan.

"Untuk sementara waktu ya kantornya kita menumpang di sini," ungkap Subhi, usai melakukan silaturahmi dengan sejumlah tokoh agama dan pegawai dilingkungan Kandepag di MAN Insan Cendikia, Serpong, Selasa (8/1/2013).

Subhi menjelaskan, keputusan Kandepag Kota Tangsel untuk sementara waktu menumpang di MAN Insan Cendikia menjadi opsi terakhir.

Hal tersebut diputuskan setelah dirinya diamanatkan untuk memimpin sampai penentuan lokasi dan bangunan kantor didirikan.

"Tapi kalau kita lihat menganggu proses belajar dan mengajar siswa ya terpaksa  pindah dan sewa kantor. Seperti kita ketahui, harga lahan di Tangsel kan seperti permata (mahal)," jelasnya.

Setelah dirinya ditunjuk menjadi Pjs Kandepag Kota Tangsel, lanjut Subhi, ada tiga program kerja yang tengah dirancang.

Yakni menyiapkan sumber daya manusia dengan melakukan analisa beban kerja pegawai, memisahkan aset dan menyiapkan anggaran rutin untuk kebutuhan operasional pelayanan serta tak kalah penting adalah komitmen memajukan dunia pendidikan.

Selain itu, kata dia, bakal menambah Kantor Urusan Agama (KUA). Saat ini Kota Tangsel mempunyai empat KUA yakni, Pamulang,Pondok Aren, Serpong dan Ciputat.

Sedangkan, tiga kecamatan Serpong Utara dan Setu masih bergabung dengan KUA Serpong. Sementara, Ciputat Timur masih bergabung dengan KUA Ciputat.

"Ini bukan basa-basi. Tapi komitmen benar kita bersama untuk memajukan pendidikan keagamaan tanpa memandang lembaga atau organisasinya," janji Subhi.

Sebelumnya diberitakan, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tangerang, Agus Salim menuturkan untuk Kota Tangsel bakal membutuhkan 70 aparatur dan dana Rp 5 miliar pun sudah disiapkan untuk pembangunan oleh Kementerian Agama.

Untuk pengisian pegawai, diantaranya satu Kasubag (Kepala Sub Bagian) dan enam Kasie (Kepala Seksi). "KemenPAN RB (Kementerian Pendayagunaan Apatur Negara dan Reformasi Birokrasi) sudah setuju melimpahkan dan pegawai sudah disiapkan," ujarnya.

Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany mengatakan, soal pengadaan Kantor Kemenag Kota Tangsel pihaknya terus melakukan koordinasi dengan Kemenag Pusat, Kemenag Kabupaten Tangerang, dan Kanwil Kemenag Banten.

"Kami sedang bahas lahan mana yang bisa dihibahkan untuk gedungnya. Kami juga berharap tahun 2013 sudah ada Kemenag sendiri," ujarnya.

Adanya Kemenag Kota Tangsel, lanjut Airin, akan memudahkan koordinasi tentang pengendalian, penggurusan, dan juga pengembangan lembaga keagamaan di Kota Tangsel.

"Kalau ada Kemenag kan urusan agama lebih mudah. Semuanya terkoordinasi lebih dekat," ujarnya.(yud)

Share