Kabar6.Com

Cegah Virus Corona, Jamaah Haji Banten Dibekali Masker

Kabar6-Cukup signifikannya perbedaan cuaca di Indonesia dengan Arab Saudi, mengakibatkan jemaah haji diindikasi rentan terhadap serangan virus Corona.

Sedianya, virus Corona adalah penyakit terbaru berupa infeksi saluran pernafasan pada manusia yang disebabkan oleh virus yang berasal dari famili virus SARS, Coronavirus.

Untuk mengantisipasi serangan virus penyakit, setiap jamaah calon haji asal Banten dibekali dengan tiga buah masker.

"Sebelum berangkat, setiap jamaah kita beri tiga buah masker," kata Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Banten, Iding Muj'tahidin, Kamis (12/9/2013).

Dijelaskan Iding, tiga buah masker tersebut berbeda dengan masker pada umumnya. Karena nantinya, masker tersebut bisa dicuci oleh jamaah saat di lokasi penginapan.

Pihaknya menghimbau kepada seluruh jamaah untuk selalu menjaga pola hidup bersih dan sehat serta juga menggunakan masker selama menunaikan ibadah haji di Tanah Suci.

Alasannya, penyebaran virus Corona bisa cepat bisa melalui udara, bersin dan makanan. Maka, setiap jamaah dianjurkan untuk selalu menjaga kesehatan dan berkonsultasi dengan petugas medis.

"Setiap jamaah yang akan berangkat, selalu kami sampaikan informasi mengenai hal ini. Bukan untuk menakuti melainkan sebagai bentuk pengawasan dini," katanya.

Iding menuturkan, kondisi cuaca di Madinah saat ini mencapai 42 derajat celcius. Jamaah diminta untuk bisa menyesuaikan dengan iklim yang ada.

Maka dari itu, petugas yang diberangkat dari masing - masing daerah untuk selalu melakukan pemantauan secara rutin. "Untuk petugas, kami harapkan untuk selalu memperhatikan kondisi setiap jamaah," pungkasnya.

Wakil Wali Kota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie menambahkan, petugas haji memiliki tanggung jawab terkait makanan, kesehatan dan perjalanan setiap jamaah.

Maka itu, perlu diperhatikan sekali kondisi di tanah suci. Jangan sampai nantinya, pelayanan haji yang sudah baik di tahun lalu, mengalami pemunduran.

"Pembekalan tidak hanya kepada jamaah calon haji tetapi juga petugas. Kami sangat berharap agar semuanya bisa berjalan lancar," katanya.(yud)

Share