Pemilik Galian Pasir Ilegal Bisa Dijerat UU Tipikor

. Kab. Tangerang

Kabar6-Para pemilik galian pasir ilegal di Kabupaten Tangerang, kiranya harus bersiap- siap menghadapi sanksi terberat terkait kegiatannya yang merusak lingkungan hidup.

Pasalnya, mereka tak hanya terjerat Undang-Undang Nomor 32/2009, Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, namun juga bisa dijerat dengan Undang-undang (UU) Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).

Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Tigaraksa, Hadiyanto, mengatakan para pemilik galian pasir tersebut bisa dijerat dengan menggunakan UU Nomor 31/1999, jo UU Nomor 20/2011, Tentang Tipikor.

Pemilik galian C ini dianggap telah merugikan keuangan negara, karena mereka tak menunaikan kewajibannya membayar Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) ke Pemerintah Daerah setempat.

"UU Tipikor, sangat bisa diterapkan untuk kasus itu. Sebab, mereka (pemilik galian C-red), enggak bayar PNBP ke Pemda," ungkap mantan Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK ini, kepada Kabar6.com, Selasa (30/12/2014).

Selain UU Tipikor, kata Hadi, para juragan perusak lingkungan ini juga bisa ditempel dengan UU Nomor 8/2010, Tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang. **Baca juga: Ini Harapan Kajari Tigaraksa di Tahun 2015.

"Bisa di tempel dengan TPPU atau money loundry. Ketika, UU itu diterapkan, maka pengusahanya akan miskin dan persoalan galian pasir dipastikan beres," tuturnya.(din)

Tangerang Kabupaten

Polresta Tangerang Siagakan...
IMAGE Kapolresta Tangerang, AKBP Asep Edi Suheri.(agm) Kabar6-Sebanyak 420...

Tangerang Kota

Walikota Arief Sebut Vaksin...
IMAGE Walikota Arief (paling belakang) bersama anggota PWHTR.(rani) Kabar6-Wali...

Tangerang Selatan

Terlalu..! 405 Perusahaan di...
IMAGE Aksi unjuk rasa ratusan buruh di Pamulang.(yud) Kabar6-Memasuki H-7 Idul...

Tangerang Baru

Mahal, Tarif Parkir...
IMAGE Parkir Kabar6-Parkir meter di Summarecon Mal Serpong (SMS), Kecamatan...

Bandara

Di Bandara Soetta, Co-Pilot...
IMAGE Ilustrasi (bbs) Kabar6-Ratusan pilot, co pilot dan pramugari di Bandara...

Komunitas

HCCI Gelar Cityzen Peduli...
IMAGE Cityzen Peduli Yatim di Tangsel.(din) Kabar6-Sukses menggelar kegiatan...