Pemilik Galian Pasir Ilegal Bisa Dijerat UU Tipikor

. Kab. Tangerang

Kabar6-Para pemilik galian pasir ilegal di Kabupaten Tangerang, kiranya harus bersiap- siap menghadapi sanksi terberat terkait kegiatannya yang merusak lingkungan hidup.

Pasalnya, mereka tak hanya terjerat Undang-Undang Nomor 32/2009, Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, namun juga bisa dijerat dengan Undang-undang (UU) Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).

Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Tigaraksa, Hadiyanto, mengatakan para pemilik galian pasir tersebut bisa dijerat dengan menggunakan UU Nomor 31/1999, jo UU Nomor 20/2011, Tentang Tipikor.

Pemilik galian C ini dianggap telah merugikan keuangan negara, karena mereka tak menunaikan kewajibannya membayar Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) ke Pemerintah Daerah setempat.

"UU Tipikor, sangat bisa diterapkan untuk kasus itu. Sebab, mereka (pemilik galian C-red), enggak bayar PNBP ke Pemda," ungkap mantan Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK ini, kepada Kabar6.com, Selasa (30/12/2014).

Selain UU Tipikor, kata Hadi, para juragan perusak lingkungan ini juga bisa ditempel dengan UU Nomor 8/2010, Tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang. **Baca juga: Ini Harapan Kajari Tigaraksa di Tahun 2015.

"Bisa di tempel dengan TPPU atau money loundry. Ketika, UU itu diterapkan, maka pengusahanya akan miskin dan persoalan galian pasir dipastikan beres," tuturnya.(din)

Tangerang Kabupaten

Proyek Jalan dan Jembatan di...
IMAGE Muhammad Solahudin.(din) Kabar6-Dinas Binamarga dan Sumber Daya Air...

Tangerang Kota

Pemkot Tangerang Siapkan...
IMAGE Ilustrasi (bbs) Kabar6-Untuk mendukung layanan jemput bola perekaman Kartu...

Tangerang Selatan

OYK di Tangsel "Jaring" WN...
IMAGE OYK yang digelar di Jalan Bintaro, Pondok Aren, Tangsel.(Fbi) Kabar6-Pihak...

Tangerang Baru

Mahal, Tarif Parkir...
IMAGE Parkir Kabar6-Parkir meter di Summarecon Mal Serpong (SMS), Kecamatan...

Bandara

Menpora Sambut Atlet...
IMAGE Rombongan atlet Olimpiade Rio.(agm) Kabar6-Rombongan kontigen olimpiade...

Komunitas

Hero Group‎ Serahkan...
IMAGE Hero Peduli menyerahkan mobil ambulan secara simbolis.(ist) Kabar6-‎PT...