Kabar6.Com

Popularitas ARW Teratas, Abdul Syukur dan Umar Lubis Menyusul

Kabar6-Dinamika jelang pesta demokrasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Kota Tangerang kian menggeliat. Sejumlah lembaga independen juga terus melakukan survey terhadap popularitas dan elektabilitas sejumlah bakal calon (Balon) kandidat.

Salah satu lembaga yang melakukan survey adalah Lembaga Kajian untuk Studi Demokrasi dan Pembangunan (Institute for Development and Democracy Studies).

Dari survey lembaga itu, muncul 3 sosok Balon kandidat kepala daerah yang dianggap cukup elektabilitas dan popularitas di tengah masyarakat sekaligus mumpuni untuk berkompetisi pada Pilkada Kota Tangerang Agustus 2013 mendatang.

Ya, ketiga Balon tersebut, antara lain adalah, Wakil Walikota Tangerang Arif R Wismansyah (ARW). Ketua DPD II Golkar Kota Tangerang Abdul Syukur dan pesinetron senior Umar Lubis.

"Dari hasil survei elektabilitas, presentase ARW mencapai 43,5 persen. Diikuti Umar Lubis 14 persen serta Abdul Syukur 12,5 persen," klaim Sekretaris Eksekutif, Pitut Pramuji, melalui keterangan resmi yang diterima wartawan, Sabtu (30/3/2013).

Menurut Pitut, survei yang dilaksanakan sejak tanggal 1 sampai 5 Maret lalu itu, melibatkan 540 responden dengan tingkat kesalahan (margin of error) sekitar 4,5 persen. Sedangkan untuk kepastian tingkat kepercayaan mencapai hingga 95 persen.

“Indikator survei ini ada beberapa macam, yakni pengetahuan responden terhadap keterkenalan seorang kandidat, tingkat yang dimiliki kandidat, citra kandidat dan layak tidaknya para Balon ini untuk dicalonkan,” ujarnya.

Sedangkan terkait popularitas, lanjut Pitut, Arief dinyatakan cukup populer dengan raihan angka 82,4 Persen. Diikuti oleh Abdul Syukur 45,5 persen, Harry Mulya Zein 44,6 persen dan Umar Lubis dengan 38,8 persen.

"Sejumlah nama lain yang turut kami survey, umumnya memiliki tingkat popularitas antara 13-20 persen. Hanya ada Direktur PDAM Tirta BEnteng (TB) Ahmad Marju Kodri yang berada di 28.8 persen," ujar Pitut lagi. 

“Melihat hasil ini, pemilih cenderung menganggap figur teratas sebagai balon yang mendapatkan kredit poin dari kesuksesan Pemerintah Kota Tangerang selama ini. Responden mengabaikan kiprah dan kontribusi bakal calon yang lain,” ujarnya.

Menanggapi hasil survei tersebut, Umar Lubis, mengaku bersyukur. Apalagi, sosialisasi yang dilakukannya di daerah bermotto Kota Akhlakul Karimah itu baru berlangsung enam bulan.

"Waktu enam bulan sangat singkat. Dibandingkan dengan para kandidat lain yang sudah jauh-jauh hari sosialisasi. Bahkan ada yang sudah setahun," tandasnya.

Hasil survei itu, klaim Umar, menandakan bahwa tingkat kecerdasan warga Kota Tangerang cukup tinggi. "Orang yang populer belum tentu dipilih. Yang dilihat adalah kemauan dan tujuan si calon ke depan. Apakah ingin membangun Kota Tangerang secara sungguh-sungguh atau tidak," klaimnya.

Ia menilai, Kota Tangerang yang terus bertabur prestasi harus dipimpin oleh orang yang punya kemauan dan kemampuan memimpin. "Kota luar biasa ini harus dipimpin pula oleh orang yang luar biasa, seperti Walikota terdahulu (Wahidin Halim)," kata aktor sinetron itu lagi.(yud)

Share