Kabar6.Com

Pelantikan Panwascam Kota Tangerang Terbentur Dana

Kabar6-Proses pelantikan hasil pleno tes tertulis calon Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Kota Tangerang sampai kini masih belum pasti.



Pasalnya, hingga saat ini pihak Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) setempat masih menunggu proses pencairan dana hibah dari Pemkot Tangerang sebesar Rp. 4 Miliar.

"Kita masih terbentur dana untuk proses pelantikan Panwascam," kata Ketua Panwaslu Kota Tangerang, Takhono, Jumat (8/3/2013).

Ia menambahkan, dana tersebut seharusnya segera dicairkan mengingat waktu pelaksanaan Pemilukada sudah semakin dekat. Jika tidak, kata dia, kinerja Panwaslu akan terhambat.

Walau begitu, kata Takhono, Panwaslu akan terus melakukan sejumlah tahapan dan kegiatan, karena saat ini tahapan pemilukada sudah berjalan di KPU.

"Cepat lambatnya tahapan pelantikan Panwascam di Kota Tangerang, tinggal tergantung dana. Oleh karena itu, kita tentu berharap agar semua cepat selesai demi kelanjutan dan kelancaran tugas Panwaslu. Pokoknya kalau Panwaslu tidak ada, pemilu tidak sah,” tandasnya.

Terkait proses seleksi Panwascam, Takhono menyatakan sebanyak 77 orang dinyatakan lolos berkas dari 104 peserta yang mengikuti seleksi. Peserta yang lolos itulah yang kini mengikuti tahapan kedua, yakni tes wawancara.

Pada tes wawancara, katanya, peserta akan diuji kemampuan mengenai pengalaman pemilu, pengetahuan pemilu, pengetahuan lokal, integritas, dan netralitas peserta. Lanjut Takhono, tes wawancara ini merupakan seleksi akhir untuk memilih anggota Panwascam.

"Dari tes wawancara ini nantinya akan dipilih 39 anggota Panwascam yang akan bertugas untuk mengawasi pelaksanaan tahapan Pemilukada Kota Tangerang,” pungkasnya.(evan)

 

Share