toner cash register ribbon

Kabar6.Com

Polling Snowball LKP, Syukur Bakal Menangkan Pilkada Kota Tangerang

Kabar6-Polling snowball dilakukan Lembaga Kebijakan Publik (LKP) atas sejumlah sosok yang digadang-gadang sebagai bakal calon (balon) Walikota Tangerang periode 2013-2018 mendatang.



Hasilnya, dari sejumlah nama yang di polling, Ketua DPD II Golkar Kota Tangerang, H. Abdul Syukur menempati urutan teratas sebagai bakal calon (balon) Walikota Tangerang terkuat mengungguli sejumlah nama balon Walikota lainnya.

Polling snowball yang menggunakan 50 responden dari 104 kelurahan yang ada di Kota Tangerang, menunjukkan H. Abdul Syukur memiliki dukungan massa riil dari kalangan umum, 65 persen dari partai politik dan 35 persen dukungan dari kalangan birokrat.

Posisi kedua ditempati oleh Sekda Kota Tangerang, Harry Mulya Zein yang mendapatkan dukungan suara birokrat sebesar 25 persen, 15 persen dukungan suara masyarakat umum namun tanpa dukungand ari massa partai politik.

Sedangkan urutan ketiga ditempati oleh Ketua DPD PKS Kota Tangerang, Hilmi Fuad yang meraih 35 persen suara dari massa partai politik, namun tanpa dukungan suara masyarakat umum dan suara birokrat.

Sementara, polling snowball hanya menempatkan Wakil Walikota Arief Wismansyah di urutan ke 4 dengan jumlah dukungan suara sebanyak 12 persen dari masyarakat umum dan 10 persen suara dari kalangan birokrat.

Berkaca pada hasil polling snowball tersebut, Direktur LKP Ibnu Jandi mengatakan, bahwa H. Abdul Syukur sebagai pimpinan partai politik kiranya memiliki kekuatan bergaining politik yang tinggi.

Sedangkan Harry Mulya Zein meski bisa dibilang lemah dalam hal barnaining politik, namun justru memiliki kukuatan dari dukungan dikalangan birokrat.

Sebagaimana H. Abdul Syukur, Hilmi Fuad sebagai pimpinan parpol juga memiliki kekuatan lumayan dalam hal barining politik. Namun demikian, dukungan bisa jadi akan melemah akibat dampak atas status tersangka yang disandang mantan Presiden PKS setelah tersandung kasus impor daging sapi. 

Sementara untuk Wakil Walikota Tangerang, H. Arief Wismansyah memang lemah dalam bargaining politik, mengingat orang nomor dua di Kota Tangerang tidak punya kelembagaan politik.

Hasil polling snowball yang digelar LKP tersebut disambut antusias oleh Ketua Traktor Muda Golkar Kota Tangerang, H. Mustofa Kamaludin SH. MHum.

Menurutnya, meski hanya menggunakan metode snowball, namun hasil yang muncul justru akan dijadikan pemicu semangat bagi seluruh kader Golkar Kota Tangerang, untuk terus bahu-membahu memperjuangkan kadernya duduk menjadi pemimpin di Kota Tangerang.(rani)

 

Share