warnet jasa pembuatan warnet komunitas warnet indonesia

Kabar6.Com

Gara-gara Macet, WH Bakal Rubah Jam Masuk Sekolah Siswa

Kabar6-Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang berencana merubah jam masuk sekolah siswa dan jam masuk kerja pegawai diwilayahnya.



Rencana perubahan itu bertujuan untuk mengurai kemacetan arus lalu lintas yang semakin parah melanda wilayah Kota Tangerang, khususnya pada jam-jam sibuk seperti pagi dan sore hari.

Demikian diungkapkan Wali Kota Tangerang Wahidin Halim saat rapat rutin dengan para kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Senin (06/08/2012).

"Dengan adanya pengaturan jam tersebut, diharapkan akan turut mengurai kemacetan serta akan meningkatkan performa pendidikan dan juga kesehatan para pelajar dan pegawai," ujar Wali Kota.

Selain bisa mengurai kemacetan yang terjadi, Wali Kota juga berharap pembagian waktu itu nantinya juga dapat mempengaruhi perilaku positif bagi anak-anak sekolah maupun para pegawai.

Pasalnya, pengaturan jam sekolah lebih siang, bisa dimanfaatkan siswa untuk beraktivitas di pagi hari. Seperti beribadah, berkumpul dengan keluarga dan berolahraga.

“Selain itu, diharapkan bisa meningkatkan produktivitas dan daya tangkap siswa dalam belajar karena dalam kondisi terpenuhinya kesehatan jasmani dan rohani di pagi hari maka siswa siap menerima pelajaran dengan baik,” tuturnya.

Contoh perubahan yang dimaksud Wali Kota adalah, merubah jam masuk sekolah satu jam lebih siang. Bila jam masuk biasanya pukul 07.00 WIB, dirubah menjadi 08.00 WIB.

Sehingga volume kendaraan berkurang di jam-jam masyarakat mulai beraktivitas tersebut.
Perubahan jam masuk sekolah, menurut Walikota selain berpengaruh juga pada penyerapan ilmu yang disampaikan guru kepada siswa.

Dijelaskan Wali Kota, bahwa rata-rata jam belajar siswa di sekolah-sekolah negara berkembang lainnya, pada umumnya dimulai pukul 08.30 WIB dan berakhir pukul 15.30 WIB.

Dimana jam masuk sekolah dimulai lebih siang dan anak-anak bisa istirahat lebih panjang di pagi hari. Dan, ini ternyata bisa berdampak pada meningkatnya performa pendidikan dan juga kesehatan mereka.(arsa)

 

Share