warnet jasa pembuatan warnet komunitas warnet indonesia

Kabar6.Com

DPRD Banten Soroti Jalan Rusak di Perbatasan

Kabar6-Kerusakan ruas jalan di wilayah perbatasan dalam Provinsi Banten, seperti Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan (Tangsel), kerap dikeluhkan warga.

Untuk menanggulangi persoalan tersebut, pemerintah daerah, khususnya se Tangerang raya disarankan untuk rajin menginventarisir dan melaporkan kondisi kerusakan ruas jalaan perbatasan dimaksud kepada Provinsi Banten.

"Disinilah pentingnya keharmonisan hubungan daerah tingkat dua dan daerah tingkat satu. Karena, kerusakan diwilayah perbatasan membutuhkan kordinasi yang intens, agar perbaikan bisa segera dilakaukan," ujar H. Sayuti S. Sos.i, anggota DPRD Banten asal Kota Tangerang, Minggu (15/7/2012).

Ditanya soal kerusakan ruas jalan pada sejumlah wilayah perbatasan yang berlangsung hingga bertahun-tahun lamanya, politisi asal Partai Persatuan Pembangunana (PPP) ini menduga hal itu disebabkan oleh status jalan yang belum jelas.

"Dari hasil rapat yang kami gelar dengan Pemrov Banten, memang ada sejumlah ruas jalan di perbatasan yang mengalami kerusakan cukup lama belum bisa diperbaiki. Tapi hal itu lebih dikarenakan status lahan yang belum resmi diserahkan kepada Pemprov Banten," ujar anggota DPRD Banten yang duduk di Komisi 4 itu lagi. 

Hal senada diungkapkan H. Abdul Syukur, anggota DPRD Banten asal Kota Tangerang lainnya. Wakil rakyat dari Partai Golkar ini bahkan membuka ruang bagi masyarakat Tangerang, khususnya yang tinggal diwilayah perbatasan, agar melapor ke DPRD Banten bila jalan utama diwilayah mengalami kerusakan cukup lama dan belum diperbaiki.

"Kalau ada warga perbatasan yang bermasalah dengan jalan utama yang rusak, silahkan melapor langsung ke DPRD Provinsi Banten. Tentunya nanti DPRD akan menindaklanjuti laporan tersebut langsung kepada Pemprov Banten," ujar adik kandung Wali Kota Tangerang Wahidin Halim itu lagi.

Pengamatan kabar6.com, sejumlah ruas jalan diwilayah perbatasan yang rusak diantaranya adalah dari Kecamatan Tigaraksa, kecamatan Solear dan Jayanti sampai dengan perbatasan Maja, Serang.

Kondisi kerusakan ruas jalan milik Provinsi Banten lainnya adalah, sepanjang Jalan Raya Legok, Kabupaten Tangerang. Tak tanggung-tanggung, terdiri atas lubang berdiameter 12 sampai 25 centimeter dengan kedalaman antara 9 sampai 15 centimeter.

"Kerusakan ruas jalan di daerah perbatasan itu sudah berlangsung sejak bertahun-tahun lamanya. Dan, sampai saat ini persoalan itu belum juga teratasi. Seolah, pemerintah memang tidak serius menangani kerusakan ruas jalan di perbatasan tersebut," ujar Irsa, warga Pagedangan, Kabupaten Tangerang.(ari arsa/tom migran)

Share