toner cash register ribbon

Kabar6.Com

Hidup 76 Eks Penderita Kusta Ditanggung Pemkot Tangerang

Kabar6-Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang kiranya bakal menanggung biaya hidup sebanyak 76 dari 600 warga eks kusta yang menetap di kompleks RS Sitanala.

Hal itu sebagai wujud realisasi Peraturan Daerah (Perda) Pembinaan Anak Jalanan (Anjal), Gelandangan Pegemis (Gepeng) dan Pegamen, yang belum lama disahkan oleh DPRD setempat.

Ketua Pansus Raperda Pembinaan Anjal Gepeng dan Pengemis, Hidayat mengatakan, pemberian hibah kepada eks penderita kusta itu bertujuan agar mereka tidak mengemis di jalan lagi.

“Hibah dimaksud sama halnya pemerintah akan memanggung biaya hidup puluhan penderita kusta di Kota Tangerang yang memang sudah tidak mampu berkarya lagi," ujar Hidayat, Rabu (4/7/2012).

Sedangkan ratusan eks kusta yang masih bisa berdaya, lanjut Hidayat, saat ini sudah tertampung di beberapa dinas untuk dipekerjakan sebagai tenaga kebersihan.

“Kami memang sedang menuju kearah kota tanpa pengemis dan gelandangan di Kota Tangerang. Dan solusi yang ditawarkan adalah memberikan bantuan kepada para pengemasi yang kebanyakan berasal dari eks penderita kusta ini,” tandasnya.

Ditambahkan Hidayat, besaran dana hibah dan teknis tanggungan biaya hidup bagi puluhan eks penderita kusta tersebut, akan dijabarkan lebih rinci dalam Peraturan Wali Kota (Perwal).

Selain itu, lanjut Hidayat, dalam Perda Pembinaan Anjal Gepeng dan Pengamen masih ada kewajiban pemerintah menyediaan sarana dan prasarana penunjang pemberdayaan tersebut.

Antara lain, panti rehabilitasi, rumah singgah, sarana kegiatan, budaya, bermain, dan sarana maupun prasarana pelatihan yang nantinya dapat digunakan para anjal, gepeng dan pengemis, untuk meningkatkan keahlian dan kemampuannya, sehingga mereka tidak lagi turun ke jalan.(iqmar)

Share