Kabar6.Com

 

Trase Tol JORR 2 Kunciran-Bandara Final

Kabar6-Rencana pembangunan jalan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 trase Kunciran, Kota Tangerang-Bandara Soekarno Hatta (BSH) sepanjang 14,19 kilometer, dipastikan tidak akan berubah.



Meskipun pada proses pembebasan lahannya hingga kini masih menemui banyak kendala, yang berujung molornya waktu pembebasan dari target yang ditetapkan tahun 2013.

“Trase jalan tol JORR 2 sudah final. Pengerjaan fisik akan dilakukan akhir 2014 atau awal 2015,” kata Direktur Utama PT Marga Kunciran Cengkareng, Saut Parlidungan Simatupang, Jumat (8/11/2013).

Menurutnya, jalan tol JORR 2 Kunciran-Bandara akan dibangun dengan empat sesi dan akan menyatu dengan jalan tol Serpong-Cinere serta jalan tol Soediyatmo yang dari dan menuju Jakarta. **Baca juga: Begini Kata KPU Banten Soal Dukungan Ganda Hanura.

Sedangkan tahap pembebasan lahan JORR 2 itu sudah mulai dilakukan bertahap sejak Juni 2013 lalu. Warga yang sebelumnya menolak lahannya dibebaskan, kini berangsur lunak dan menjual lahan dan bangunan rumahnya. **Baca juga: Kontrak Proyek Gedung Sekolah Terancam Diputus.

"Tim apresial pembebasan lahan berusaha menyanggupi nilai jual tanah yang diinginkan warga pemilik lahan. Meskipun, harga yang dipatok warga berada diatas Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) wilayah setempat," ujarnya. **Baca juga: Bupati Tangerang Akui Problem Sampah Belum Terpecahkan.

Artinya, bila pembebasan lahan bisa diselesaikan sampai 2014, maka PT Marga Kunciran Cengkareng bisa segera melakukan pembangunan fisik jalan tol JORR 2 yang menelan dana hingga Rp. 1,3 triliun itu pada akhir 2014 atau awal 2015. **Baca juga: Pengusaha Tangsel Tolak KHL Klausul Buruh.

Sedianya, jalan tol itu sangat dibutuhkan sebagai akses menuju Bandara yang saling berkaitan dengan jalan tol lainnya. Terlebih, saat ini akses menuju BSH sudah sangat padat.(rah)

Share