toner cash register ribbon

Kabar6.Com

Gagal Berangkat, Puluhan Jamaah Calon Umroh Menginap di Bandara

Kabar6-Kasus jemaah calon Umroh terlantar di Bandara Soekarno Hatta (BSH) karena gagal diberangkatkan ke tanah suci kembali terulang.

Kali ini, giliran 56 calon jemaah umroh dari Bogor, Jawa Barat yang harus menerima pil pahit gagal berangkat ke tanah suci dan terlantar di Terminal 2E BSH.

Sementara, pihak travel agent PT Firuzi Nadia Wisata berdalih, bahwa gagalnya pemberangkatan ke 56 jemaah calon umroh itu disebabkan pihak maskapai Saudi Arabia tidak mau mengeluarkan tiket.

"Jujur kami kecewa karena sudah menunggu dari siang di bandara ini. Dan, kami minta pihak travel bertanggungjawab penuh atas gagalnya pemberangkatan kami ke tanah suci," ujar Duduy Setiawan, salah seorang calon jemaah umroh asal Bogor.

Sementara, Fatimah, calon jamaah umroh asal Cariu Jonggol, Bogor, mengaku sangat malu dengan keluarga di kampung halaman karena gagal berangkat ke tanah suci.

"Malu saya dengan keluarga dan warga di kampung yang sudah repot-repot melepas keberangkatan saya," ujar Fatimah lagi.

Ya, dari 79 jemaah calon umroh yang mendaftar melalui travel agent PT Firuzi Nadia Wisata, hanya 23 jemaah yang sukses berangkat. "Sisanya ya kami inilah yang gagal berangkat," ujar Nining, jemaah asal Bogor lainnya.

Pasca gagal diberangkatkan, puluhan jemaah calon umroh tersebut memilih akan terus bertahan di bandara, sampai pihak travel agen menyediakan tempat menginap dan memberi kepastian kapan mereka akan diberangatkan.

Para calon jemaah umroh ini juga berharap, pemerintah bisa memberikan sanksi tegas kepada pihak travel agent yang gagal memberangkatkan jemaahnya ke tanah suci, agar kejadian serupa tidak selalu berulang.

Dari catatan kabar6.com, sebelumnya pada 9 Maret 2012 lalu sebanyak 63 jemaah calon haji asal Jambi, Demak, Grobokan, Semarang serta Jepara juga terlantar selama 9 hari dikamar hotel disekitar di BSH, setelah pihak pihak travel PT Attin Tour gagal memberangkatkan mereka ke tanah suci.

TUjuh bulan kemudian, persisnya pada tanggal 20 Oktober 2012, kasus serupa juga dialami 97 jemaah calon haji asal Jawa Tengah juga terlantar di BSH setelah pihak travel Kelana Tour juga gagal memberangkatkan mereka ke tanah suci.(arsa/ali/ting)

Share