Kabar6.Com

Kantor Kesehatan Kelas 1 Gelar Simulasi PHEIC di Terminal 3 Bandara Soetta

Kabar6-Simulasi Respon Public Healt Emergency of International Concern (PHEIC) digelar kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas 1 Bandara Soekarno Hatta ( Bandara Soetta), Selasa (5/6/2012).



Simulai ini digelar di halaman Terminal 3 Bandara Soetta, untuk
menanggulangi kondisi gawat darurat atas penyakit menular yang sewaktu-waktu bisa masuk melalui pintu gerbang Indonesia tersebut.

Simulasi dihadiri seluruh pejabat dilingkungan Bandara Soetta. Mulai dari dari Bea Cukai, Kepolisian Resor setempat hingga Instansi yang ada dilingkungan Bandara.

Dalam simulasi ini, pihak kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas 1 Bandara Soetta mengambil sempel dengan mengibaratkan kasus suspek H5N1 (Flu Burung)  pada tanggal 16 Mei 2012 pada manusia, di sebuah desa Y di Kaupatenb X, yang lokasinya dekat dengan Bandara.

Setelah dilaksanakan penyelidikan dan verivikasi serta Rapid Healt Asesment dari Pusat WHO, Propinsi dan Kabupaten dan  dipastikan telah terjangkitnya Virus Flu Burung baru yang dapat menular antar manusia  didaerah tersebut.

Dalam kasus ini, diindikasikan bahwa presiden dapat mengintruksikan untuk upaya enanggulangan Epicenter dan pengawasan ketat di Kawasan Bandara untuk mencegah penyebaran virus flu baru melalui transportasi udara,  dengan berpedoman pada penanggulangan Episenter Pandemi Influenza yang dikeluarkan oleh kementrian kesehatan.

Pada pedoman tersebut dijelaskan, untuk Bandara Soetta sebagai wilayah yang dekat dengan wilayah epicenter diharuskan melakukan pengawasan ketat di terminal keberangkatan
Lingkungan Terminal Bandara, dimana wilayah ini harus steril dari kemungkinan paparan virus flu baru baik pada orang maupun barang termasuk kendaraan.

"Simulasi ini dimaksudkan agar seluruh elemen yang ada di Bandara Soetta dapat siap siaga apabila terjadi kasus dan dapat mengantisipasinya sesuai dengan prosedur SOP yang ada," kata Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kementrian Kesehatan RI  Tjandra  Yoga.

Dikatakan Tjandra Yoga, bahwa kegiatan simulasi ini akan dilaksanakan di seluruh Bandara dan Pelabuhan Pelabuhan di Tanah Air guna dapat mencegah epidemi penyakit menular.(rani)

 

Share