Pemkot Tangsel Dorong Budidaya Lele Sangkuriang

. Tangerang Selatan

Kabar6-Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) sedang giat-giatnya mengembangkan budidaya Iklan Lele Sangkuriang atau yang biasa disebut Lele Jumbo.

Varietas ikan jenis lele sangkuriang dianggap paling tepat, di tengah semakin sempitnya lahan pertanian yang ada saat ini. Sedangkan harga jual dipasaran pun lebih mudah dan menguntungkan.

"Ikan lele jenis ini menjadi unggulan lantaran proses pembesaran lebih gampang dan cepat panen," kata Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DKPP) Kota Tangsel, Dadang Raharja, Senin, (27/1/2014).

Menurutnya, usaha budidaya ikan Lele Jumbo tidak membutuhkan lahan yang luas. Kolam untuk pengembangbiakan bisa menggunakan terpal plastik berukuran 2x3 meter persegi. Ukuran itu mampu menampung 100 ekor ikan lele.

Menurut Dadang, kebutuhan ikan di 7 kecamatan se Tangsel mencapai 32.451 ton pertahun. Pada 2013 lalu, produksi ikan tawar dari kalangan Pokdakan baru sebesar 245 ton pertahun.

Dadang mengakui, pasokan budidaya ikan dari Kota Tangsel tidak mencukupi. Sedangkan kekurangan pasokan diambil dari daerah Bogor dan Sukabumi.

"Selain itu, pangsa pasar lele di Kota Tangsel cukup menjanjikan," terang Dadang ditemui usai panen ikan lele jumbo di Kelurahan Bambu Apus, Kecamatan Pamulang.

Dadang memaparkan, saat ini telah ada dan terbentuk sebanyak 54 Pokdakan sebagai kelompok tani binaan. Mayoritas telah diberikan pelatihan budidaya lele sangkuriang menjadi nggulan.

Meskipun lahan pertanian dan perikanan di Kota Tangsel kini tinggal 100 hektar akibat tergerus pengembangan perumahan, Dadang bilang, itu tidak menjadi persoalan.

DPKP Kota Tangsel tetap berusaha meningkatkan kebutuhan ikan air tawar dipasaran. Bahkan, setiap tahun enam dari 54 pokdakan mendapat bantuan dana dari Kementerian Perikanan dan Kelautan masing-masing Rp 65 juta.

"Setiap tahunnya Pokdakan akan bergantian menerima bantuan dari kementerian sesuai dengan kuota yang diberikan pemerintah pusat," terangnya.(yud)

Tangerang Kabupaten

Bikers, Ini Varian Helm...
IMAGE RDX Venom Blue.(ist) Kabar6-Helm jenis RDX, produksi PT Vortex...

Tangerang Kota

Waspada Kalau Ada Sendal...
IMAGE Kabar6-Perampokan di SPBU Daan Mogot, Jakarta Barat yang menewaskan...

Tangerang Selatan

IJTI Tangsel Santuni Yatim...
IMAGE  Kapolres  AKBP Fadli Widiyanto, Kapolsek Kompol Indra Ranudikarta dan...

Tangerang Baru

Mahal, Tarif Parkir...
IMAGE Parkir Kabar6-Parkir meter di Summarecon Mal Serpong (SMS), Kecamatan...

Bandara

Bawa Narkoba, 2 Wanita Asal...
IMAGE Tersangka narkoba. (tia) Kabar6-Seorang wanita asal Tiongkong berinisial...

Komunitas

BEM FH Untirta Rampungkan...
IMAGE Penyerahan penghargaan bagi juara lomba PKIMH Untirta.(foto: Abdurrosyid)...