Ketersediaan Rambu ZOSS di Tangsel Masih Minim

. Tangerang Selatan

Kabar6-Keberadaan sarana dan prasarana Zona Selamat Sekolah (ZOSS) di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) sangat penting dan dibutuhkan.

Namun, sayangnya keberadaan sarana tersebut masih minim hingga angka kecelakaan yang menimpa murid-murid sekolah masih tinggi.

"Iya memang (masih minim) karena keterbatasan anggaran," ungkap Kasi Bimbingan Keselamatan Dishubkominfo Kota Tangsel, Budi Jatmiko, ditemui wartawan di SDN Jurang Mangu Barat 01, Pondok Aren, Selasa (16/10/2012).

Budi menjelaskan, saat ini pihaknya baru mampu menyediakan ZOSS di dua titik lokasi. Kedua rambu tersebut berada di jalan Raya Parakan, Pamulang 2 dan jalan Raya Viktor, Buaran, Serpong.

Keberadaan ZOSS menurut Budi sangat penting, sebagai rambu peringatan bagi para pengguna jalan. Selain diberikan tanda warna merah pada badan jalan, juga dipasang redam kejut agar pengguna kendaraan bermotor dapat mengurangi kecepatan saat melintas di area tersebut.

"Dengan adanya ZOSS ini anak-anak sekolah bisa lebih aman saat menyeberang jalan raya. Memang sudah banyak pihak sekolah yang minta agar disediakan sarana ZOSS didepan sekolah-sekolahnya," jelas Budi.

Ia menambahkan, pihaknya pada tahun 2013 mendatang akan menambah sarana ZOSS di sekolah-sekolah lainnya. Dishubkominfo hanya akan membuat ZOSS di ruas jalan yang statusnya milik kota.

"Nantinya di tujuh kecamatan akan dibuatkan ZOSS seperti yang sudah ada sekarang ini," tambahnya.

Ditempat terpisah, Muchtar, warga desa Babakan, Setu, mengaku bila di depan SDN Babakan IV sering terjadi kecelakaan lalu lintas. Murid sekolah menjadi korban tabrakan ketika ingin melintasi jalan.

"Keseringan anak ketabrak motor mas. Di sini kan arus lalu lintasnya rame," terang pedagang makanan tersebut.

Ketika disinggung apakah di depan sekolah itu perlu dipasang rambu-rambu ZOSS, Muchtar menyetujui. Menurutnya keberadaan ZOSS sangat diperlukan pihak sekolah dan diyakini dapat mengurangi angka kecelakaan lalu lintas.

"Tapi ya sebaiknya jangan milih-milih status jalan. Emang yang namanya kecelakaan mau tau status jalan," harapnya, saat mengetahui bahwa status jalan yang ada di raya Puspiptek itu. (yud)

Tangerang Kabupaten

OPK, 3.280 Pengendara di...
IMAGE Operasi Patuh Kalimaya 2017. (shy) Kabar6-Satlantas Polresta Tangerang...

Tangerang Kota

Lagi ' Uh Ohh ' di Hotel...
IMAGE Kabar6- Satuan Polisi Pamong Praja saat menggelar razia ke sejumlah hotel...

Tangerang Selatan

Airin Akui Perda Miras di...
IMAGE Pemusnahan Miras di Tangsel. (yud) Kabar6-Pemerintah Kota Tangerang...

Tangerang Baru

Mahal, Tarif Parkir...
IMAGE Parkir Kabar6-Parkir meter di Summarecon Mal Serpong (SMS), Kecamatan...

Bandara

Awas Beras 'Gelo' Merek...
IMAGE Gudang beras kualitas buruk yang disulap jadi Ramos Sentra dan Pandan...

Komunitas

BEM FH Untirta Rampungkan...
IMAGE Penyerahan penghargaan bagi juara lomba PKIMH Untirta.(foto: Abdurrosyid)...