toner cash register ribbon

Kabar6.Com

Koperasi AKR Bidik Masyarakat Miskin Lewat GEBRAK SIPINTAR

Kabar6-Hj. E. Farida , SE, MSi, Ketua Koperasi Abdi Kerta Raharja (AKR) Kabupaten Tangerang yang baru saja menerima penghargaan Top 50 Year 2013, mengatakan keberhasilan pihaknya tak lepas dari perhatiannya untuk meningkatkan ekonomi kalangan masyarakat miskin.

Sejak AKR didirikan pada tahun 2009, koperasi ini bergerak di bidang pinjaman Kredit Usaha untuk masyarakat miskin. Pinjaman diberikan untuk modal membuka peluang usaha bagi masyarakat miskin, sehingga mampu meningkatkan penghasilan dan memiliki jiwa kewirausahaan.

Disebutkan, jaringan Koperasi AKR yang tersebar di wilayah Kabupaten Tangerang seperti  Kecamatan Kelapa Dua, Curug, Panongan, Legok, Cikupa, Tigaraksa hingga Kota Tangerang selatan, saat ini memiliki sekitar 6.000 orang anggota. Rata-rata mereka tergolong masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

"Simpanan dan pinjaman yang kami berikan kepada mereka, tanpa agunan dan risiko. Permodalan dan keringanan ini kami berikan bagi anggota berpenghasilan rendah, khususnya masyarakat miskin”, jelas Farida yang juga menjabat Kabid UMKM di Dinas Koperasi Kabupaten Tangerang.

Selama Koperasi AKR dipimpin oleh Farida, selain menerima penghargaan Top 50 Year 2013, sebelumnya koperasi ini menerima penghargaan Anugerah Citra Indonesia.

AKR menyabet kategori The Best Improvement Institution atas berhasilannya dalam program Gerakan Berantas Kemiskinan Melalui Simpanan Pinjaman Tanpa Agunan dan Resiko (GEBRAK SIPINTAR).(Suk/jus)

Share