toner cash register ribbon

Kabar6.Com

Wah, Lemah Data Investasi Akibat BPMD Belum Tangani Perijinan

Kabar6-Belum jelasnya data perkembangan investasi daerah di Kabupaten Tangerang menjadi salah satu penyebab Badan Penanaman Modal Daerah (BPMD) setempat belum terlibat dalam perijinan masuknya investor, baik dalam negeri maupun asing.

Demikian dikatakan Kabid Perencanaan Dan Penanaman Modal BPMD Kabupaten Tangerang, Bambang Haris, Senin (25/2/2013).

Bambang menjelaskan, kiprah BPMD dalam perijinan diatur berdasarkan Perbup Tangerang No. 32/2011 tentang Tata Cara Pelaksanaan, Pembinaan, dan Pelaporan Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Bidang Penanaman Modal dan Pendelegasian Kewenangan Perijinan dan Non Perijinan kepada BPMD Kabupaten Tangerang, sesuai pasal 12 mengurusi 8 jenis perijinan dan 9 jenis non perijinan.

Diantaranya, pemberian persetujuan seluruh proyek baru Dan perluasan PMDN, pendaftaran penanaman modal, ijin prinsip penanaman modal Dan lainnya. Sedangkan non perijinan, fasilitas bea masuk atau impor mesin, penggunaan tenaga kerja asing, rekomendasi visa untuk bekerja Dan lainnya.

"Selama ini, BPMD belum mengurusi perijinan yang berkaitan dengan investasi. Itu yang membuat BPMD tidak memiliki data perkembangan investasi," katanya.

Terkait kondisi itu, lanjut Bambang, saat ini pihaknya tengah melakukan koordinasi dengan BP2T dalam pelimpahan kewenangan perijinan dan non perijinan bidang penanaman modal.

"Ini juga sesuai dengan Keputusan Bupati Tangerang No 875.1/Kep.546-huk/2011 tentang hal tersebut," katanya.

Sebelumnya, perkembangan investasi daerah, baik penanaman modal dalam negeri maupun modal asing di Kabupaten Tangerang diakui belum terdata maksimal. Hal ini menjadi sorotan serius oleh kalangan DPRD setempat.

"Di Kabupaten Tangerang ini sudah ribuan berbagai bentuk investasi, khususnya industri. Tapi, tidak terkontrol dengan baik," ujar Anggota Fraksi Demokrat DPRD Kabupaten Tangerang Moh Eko Riyadi.(dre/*)

Share