tinta eprint kertas fax cash register berita nasional berita indonesia portal berita harga tiket pesawat tiket pesawat domestik pesan tiket pesawat harga tiket pesawat tiket pesawat domestik pesan tiket pesawat it konsultan it support paket isp code security komunitas it komunitas hacker pakar seo indonesia narasumber seminar master seo berita banten rakyat banten pendekar banten okezone jual mobil bekas toko online gratis

Kabar6.Com

Butuh Waktu Seminggu, Urus Roya di BPN Tangerang Rp. 50 Ribu

Kabar6-Sesuai prosedur, proses Penghapusan Hak Tanggungan (PT) atas sertifikat atau yang biasa disebut roya di kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Tangerang butuh waktu paling lambat hanya satu minggu.



Sedangkan biaya administrasi untuk pendaftaran yang telah ditetapkan oleh BPN Kabupaten Tangerang hanya sebesar Rp. 50 ribu, diluar besaran pajak roya.

Demikian dikatakan Kepala Urusan Umum dan Kepegawaian BPN Kabupaten Tangerang, Bambang Murdiono. "Kalau pendaftaran pengurusan roya Rp. 50 ribu. Sedangkan besaran retribusi sangat tergantung dengan luasan lahan yang dimiliki," ujanya.

Ditanya soal adanya keluhan masyarakat terkait pungutan liar (pungli) yang dilakukan oknum pegawai kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Tangerang lewat pelayanan, Bambang tidak menampik adanya hal itu.

"Pastinya tidak ada pelayanan yang sempurna. Dan, hamapir diseluruh perkantoran yang memberikan pelayanan kepada masyarakat, seperti Imigrasi, SIM dan lainnya juga pasti ada pungli," ujar Kepala Urusan Umum dan Kepegawaian BPN Kabupaten Tangerang, Bambang Murdiono.

Menurut Bambang, pungli yang diduga dilakukan oleh oknum pegawai BPN itu lebih disebabkan karena ingin mencari sampingan. "Ya wajarlah. Karena semua orangkan butuh uang lebih," ujar Bambang lagi.

Kedepan, lanjut Bambang, pihaknya berjanji akan melakukan evaluasi kinerja pegawainya guna membenahi dan memperbaiki pelayanan di BPN.

"Pola perbaaikan sistem pelayanan di BPN ini sedang kami terapkan. Mudah-mudahan, kedepan pelayanan di BPN ini akan semakin baik," ujar Bambang.

Menurut Bambang, khusus untuk pengurusan roya biaya pendaftaran resmi ditetapkan sebesar Rp. 50 ribu. Sedangkan waktu pengurusan yang ditetapkan paling lambat satu minggu.(din/tom migran)

 

Share