Tetap Hot Hingga Usia Senja

. Kelambu

Kabar6-Kapan pasangan suami istri harus mengakhiri aktivitas seksual mereka? Rasanya tidak akan ada batasan umur yang menunjukkan batasan akhir usia kehidupan seksual seseorang.

 

Bahkan para seksolog dan dokter menyarankan untuk tetap melakukan aktivitas seksual di usia senja, karena bercinta akan mempengaruhi kesehatan fisik.

 

Jika seseorang terus merasa bahagia karena efek orgasme yang teratur, maka dia akan lebih mencintai hidup dan cenderung untuk bertahan hidup lebih lama.

 

Sayang, pada kenyataannya banyak pasangan yang justru merasa takut untuk bercinta di usia senja. Salah satu alasannya adalah kondisi menopause yang dialami pihak perempuan, tidak percaya diri, takut, dan juga penurunan libido.

 

Kondisi vagina kering yang terjadi pascamenopause merupakan masalah yang cukup banyak dialami perempuan usia senja, sehingga tidak maksimal menikmati kehidupan seksualnya. ** Baca juga: Perlukah Alat Bantu Untuk Bercinta?

 

Nah, solusi vagina kering ini dapat diatasi dengan menggunakan tambahan pelumas. Selain itu, saat foreplay pun harus dikondisikan nyaman, dan bisa jadi waktu foreplay menjadi lebih panjang, karena kesiapan perempuan harus diperhatikan sebelum melanjutkan aktifitas bercinta yang lebih panas.

 

Cara lain adalah terapi sulih hormon di bawah pengawasan dokter. Terapi sulih hormon (menopausal hormone therapy), adalah pengobatan untuk gejala menopause seperti hot flashes (gejala wajar yang dialami saat menopause atau perimenopause yaitu berkeringat malam hari, gangguan tidur) dan vagina kering (menyebabkan dispareunia atau nyeri saat sanggama), yang terjadi sekitar waktu seorang perempuan berhenti mengalami menstruasi.

 

Sementara pada pria, masalah yang kerap ditemui adalah disfungsi ereksi, yaitu kondisi ketidakmampuan penis ereksi secara sempurna. Kondisi ini memang menjadi masalah umum yang kerap menghampiri pria lansia. Tapi bukan berarti disfungsi ereksi di usia tua tidak bisa diatasi. Caranya adalah dengan membiasakan diri mengikuti pola hidup sehat dan menjauhi alkohol serta rokok.

 

Masalah yang terakhir yang bisa mengganggu kehidupan seksual usia senja adalah perihal libido atau gairah seksual. Menurunnya gairah seksual disebabkan menurunnya kadar hormon seksual yaitu estrogen dan testosterone. Solusinya adalah dengan terapi hormon yang bisa mengatasi masalah ini dengan baik, sehingga bercinta di usia senja pun menjadi sebuah aktivitas yang menyenangkan. (ilj)

Tangerang Kabupaten

Polresta Tangerang Gandeng...
IMAGE Donor darah di Mapolresta Tangerang.(agm) Kabar6-Polres Kota (Polresta)...

Tangerang Kota

DBMSDA Kota Tangerang...
IMAGE Banjir di kolong flyover Cibodas, Tangerang.(ist) Kabar6-Dinas Bina Marga...

Tangerang Selatan

Kota Tangsel Terima...
IMAGE Menteri Yasonna memberikan penghargaan ke Airin.(hms) Kabar6-Kementerian...

Tangerang Baru

Mahal, Tarif Parkir...
IMAGE Parkir Kabar6-Parkir meter di Summarecon Mal Serpong (SMS), Kecamatan...

Bandara

30 Bandara di Indonesia Sudah...
IMAGE Kepala BPPT, Unggul Priyanto.(foto:RRI) Kabar6-Badan Penerapan dan...

Komunitas

BEM FH Untirta Rampungkan...
IMAGE Penyerahan penghargaan bagi juara lomba PKIMH Untirta.(foto: Abdurrosyid)...