Kabar6.Com

Bupati Serang: Kemen ESDM Bangun Kilang Minyak Di Serang

Kabar6-Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (Kemen ESDM) berencana membangun kilang minyak di dua wilayah Kecamatan Tanara dan Tirtayasa, Kabupaten Serang, Banten.

"Tadi ada dari Kementerian ESDM, membicarakan dan meminta dukungan atas rencana membangun kilang minyak. Kami pasti mendukung rencana pihak Kementerian ESDM tersebut, karena itu kan Pemerintah Pusat, bukan swasta," kata Bupati Serang Ahmad Taufik Nuriman di Serang, Selasa (24/7/2013).

Taufik menjelaskan, untuk pembangunan kilang minyak itu, luas lahan yang dibutuhkan sekitar 1.000 hektar. Untuk tahap pertama, kemungkinan pihak Pemkab Serang akan menyediakan sekitar 500 hektar dulu, baik di wilayah Kecamatan Tanara maupun Tirtayasa.

"Namun, untuk saat ini yang tersedia hanya 800 hektar. Kemungkinan untuk sisanya akan dicari di wilayah kecamatan lain," terang Taufik.

Diakui Taufik, rencana pembangunan kilang minyak tersebut baru sebatas dilakukan survei. Hasil survei dirapatkan oleh pihak Kementerian ESDM dan menginformasikan adanya dukungan dari Pemkab Serang.

"Pembangunan kilang minyak itu sendiri bukan sebagai penghasil minyak, melainkan hanya sebagai tempat penampungan minyak seperti kiriman dari Irak ditampung di lokasi tersebut," terang Taufik.(ant/jus)

Share