Dirjen SDA Wancanakan Pemda Terlibat Pengelolaan Situ

. Tangerang Selatan

Kabar6-Maraknya kasus pencaplokan lahan Situ di sejumlah wilayah, salah satu kasus diduga terjadi pada Situ Ciledug, di Kelurahan Pondok Benda, Pamulang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), tak urung membuat pihak terkait waspada.

Sebagai langkah antisipasi, Dirjen Sumber Daya Air (SDA) Kementerian Pekerjaan Umum (PU) berencana memberikan kewenangan pengelolaan Situ kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten dan Kota.

"Kini kami sedang mengkaji, agar nantinya Pemda di Kabupaten dan Kota dapat terlibat dalam penanganan Situ," ujar Kadis Operasi dan Pengawasan (OP) Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSC) Dirjen SDA pada Kementerian PU, Nurmala Susanti, Selasa (9/12/2014). 

Selama ini, kewenangan berada di pemerintah pusat sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang No.7 tahun 2014 tentang SDA, sebagai basis pengelolaan sumber daya air PU yang mencangkupi mulai dari segi perencanaan hingga pemeliharaan.

Diakui Nurmala, bila selama ini sistem yang ada terkesan sangat kurang maksimal. Sehingga, kelemahan tersebut kerap kali disalahgunakan oleh sejumlah pihak yang memanfaatkan lahan sejumlah Situ.

Jika permasalahan ini terus dibiarkan, kata Nurmala, maka akan timbul persoalan di sejumlah kalangan. Dan, seperti diketahui jika Situ yang ada merupakan daerah resapan yang dipastiakan tidak diperuntukan bagi bangunan apa pun.

"Nantinya jika kewenangan pengelolaan Situ sudah ada pada PU dan Pemda, maka Situ harus dapat terjaga dengan baik," ungkapnya.**Baca juga: BLHD Jangan Lambat, Pengurukan Situ Ciledug Pelanggaran.

Diketahui, aksi pengurukan lahan Situ Ciledug atau Situ Tujuh Muara, di Kelurahan Pondok Benda, Kecamatan Pamulang, Tangsel, dikecam oleh kalangan pemuda dalam Ganespa, karena dinilai menyalahi Undang-Undang yang berlaku.

Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany bahkan berjanji akan merespon langkah Ganespa guna menindaklanjuti persoalan dugaan pencaplokan lahan Situ Ciledug.

Belakangan diketahui, pengurukan lahan Situ Ciledug dilakukan oleh oleh PT Multi Sukses milik Jhoni Wanta yang telah mengklaim dan menguruk lahan Situ Ciledug. Pengurukan itu diduga untuk kepentingan pembangunan perumahan jenis kluster.(way)

Banten Lainnya

Kasus Kubangsari Jilid II, Kejati...
IMAGE Kabar6-Tim penyidik Kejaksaan Tinggi (Kejati) Banten akhirnya memeriksa mantan Walikota Cilegon,...
Bayi Merah Ini Dibuang Orangtuanya di...
IMAGE Bayi yang dibuang orangtuanya di Kota Serang.(tmn) Kabar6-Bayi merah ditemukan oleh seorang ibu...
Berkas Kasus Korupsi Supendi Diserahkan...
IMAGE Kabar6-Berkas kasus Supendi alias Pendi, tersangka kasus korupsi dana bantuan bergulir dari...
Keluarga Korban Pencabulan di Cilegon...
IMAGE Kabar6-Keluarga korban pencabulan berinisial HLD (14), warga Kelurahan Kebondalem, Kecamatan...
169 Napi Lapas Cilegon Terima Remisi
IMAGE Kabar6-Sebanyak 169 narapidana di Lembaga Pemasyakatan (Lapas) Kelas III Cilegon, akan menerima...

Serang

Kisah Balita di Banten, Hidup...
IMAGE Balita dengan benjolan di wajah.(tmn) Kabar6-Nasib malang menimpa Rini...

Cilegon

Empat Calhaj Asal Cilegon...
IMAGE Walikota Cilegon, Tb Iman Aryadi.(bb) Kabar6-Sebanyak 384 calon haji...

Merak

Menteri Jonan Pastikan Arus...
IMAGE Menhub Ignatius Jhonan.(bbs) Kabar6-Menteri Perhubungan (Menhub) Ignatius...