toner cash register ribbon

Kabar6.Com

Arus Mudik di Pelabuhan Merak Mulai Meningkat

Kabar6- Lebaran masih seminggu, nanmun aktivitas arus mudik di Pelabuhan Merak – Bakauheni dalam beberapa hari ini mulai menunjukan adanya peningkatan.

Data dari kantor PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak menye­butkan, peningkatan jumlah penumpang pada Senin (6/8) 23.694 orang, Selasa (7/8) mencapai 24.139 orang, dan Rabu (8/8) mencapai 25.142 orang.

Jumlah pemudik ini diprediksi terus meningkat hingga Sabtu (11/8) dan mencapai puncaknya Kamis (16/8) atau H-3 arus mudik. “Puncak arus mudik Lebaran diprediksi akan sama dengan tahun lalu yaitu  H-3. Peningkatan penumpang waktu itu 25 persen,” kata Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, Mario Sardadi kepada wartawan, Jum’at (10/8).

Dikatakan Mario, pemudik tahun ini masih akan didominasi kendaraan roda dua. Ini lantaran penumpang memilih pakai sepeda motor karena lebih efektif di banding kendaraan lainnya. “Pemudik berkendaraan motor peningkatannya diprediksi naik sekira 15 hingga 20 persen dari tahun lalu,” ujarnya.

Mengantisipasi peningkatan kendaraan roda dua, PT ASDP Merak member­lakukan 2 dermaga khusus motor mulai H-4 arus mudik. Upaya ini dilakukan untuk meminimalisasi terjadinya kepadatan di area dermaga. “Dua dermaga sudah kita siapkan untuk motor, di dermaga IV dan V,” ungkap Mario.

Ketua Gabungan Pengusaha Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (Gapasdap) Cabang Merak, Togar Napitupulu mengatakan, peningkatan jumlah penumpang sudah terlihat sejak satu minggu terakhir. Namun lantaran kapal yang beroperasi optimal, maka antrean tidak terjadi.

“Per hari truk yang di angkut rata-rata 3.000 unit. Angka ini lebih tinggi 500 unit pada hari normal,” ungkapnya.(PK/sak)

Share