tinta eprint kertas fax cash register berita nasional berita indonesia portal berita harga tiket pesawat tiket pesawat domestik pesan tiket pesawat harga tiket pesawat tiket pesawat domestik pesan tiket pesawat it konsultan it support paket isp code security komunitas it komunitas hacker pakar seo indonesia narasumber seminar master seo berita banten rakyat banten pendekar banten okezone jual mobil bekas toko online gratis

Kabar6.Com

Putusan PSU Pilkada Lebak Tidak Dapat Dibatalkan

Kabar6-Pakar Hukum Tata Negara Universitas Parahyangan Bandung, Asep Warlan Yusuf mengatakan, Pilkada Lebak yang telah diputus Mahkamah Konstitusi (MK) untuk Pemilihan Suara Ulang (PSU) tidak dapat dibatalkan.

"Putusan-putusan di MK itu bersifat final, jadi tidak ada lagi istilah dibatalkan," kata Asep Warlan Yusuf, Sabtu (5/10/2013).

Menurutnya, dalam hukum acara di MK, tidak ada istilah upaya hukum luar biasa seperti Peninjauan Kembali (PK).

Jika di kemudian hari ada putusan hukum hakim konstitusi terbukti bermuatan suap, putusan MK tetap tidak dapat dibatalkan atau diganggu gugat.

"Yang dapat dilakukan adalah mempidanakan hakim yang menerima suap tersebut, namun tidak mengubah putusan yang pernah diambilnya," jelas Asep.

Seperti diketahui, sengketa Pilkada Lebak mulai diperkarakan pada Rabu (11/9/2013). Pasangan nomor urut dua, Amir Hamzah—Kasmin (HAK), mengajukan gugatan ke MK karena keberatan terhadap hasil penghitungan suara oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lebak.

Dalam rapat pleno, KPU mengumumkan pasangan calon bupati dan wakil bupati nomor urut tiga, Iti Octavia—Ade Sumardi (IDE), keluar sebagai pemenang dengan perolehan 407.156 suara.

Dalam perkara di MK yang diketuai Akil Mochtar, permohonan gugatan pasangan Amir—Kasmin dikabulkan sebagian oleh MK  pada Selasa (1/10/2013).

Amar putusan MK menyebutkan, lembaga peradilan ini membatalkan keputusan KPU Lebak dan memerintahkan PSU di seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Lebak.(bbs/jus)

Share