Ingin Miliki Daya Ingat Kuat? Jauhi Junk Food

. Sehat

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Jika Anda penggemar junk food, sebaiknya kini lebih 'mengerem' keinginan untuk mengonsumsi makanan yang satu itu secara berlebihan. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal internasional BMC Medicine pada September 2015 lalu mengungkapkan bahwa junk food berbahaya bagi otak, karena dapat mengganggu kesehatan mental seperti menimbulkan depresi, perasaan cemas dan memperbesar risiko demensia (pikun).

Kondisi ini disebabkan karena junk food memberikan efek negatif bagi otak, yaitu memperkecil hipokampus. Dilansir dokter.id, penelitian yang dilakukan di Deakin University School of Medicine, Australia, menggunakan MRI (Magnetic Resonance Imaging) untuk melihat citra otak dan mengukur volume hipokampus otak pada sekira 250 orang dewasa yang berusia antara 60-64 tahun.

Para peneliti menemukan bahwa mereka yang sering mengonsumsi makanan manis atau tinggi gula, tinggi kandungan garam, tinggi lemak, dan makanan serba instan ternyata memiliki ukuran hipokampus yang lebih kecil.

Sedangkan kelompok lain dengan ukuran hipokampus lebih besar, memiliki kebiasaan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seperti sayuran, buah-buahan, dan ikan.
 
Disebutkan, volume hipokampus yang mengecil dapat mengakibatkan kemampuan fungsi kognitif dan kondisi mental terganggu. Sebenarnya dengan pertambahan usia, ukuran hipokampus akan mengecil, oleh karena itu dengan pertambahan usia biasanya fungsi dan kemampuan otak akan menurun.

Selain usia, beberapa faktor lain seperti gaya hidup yang tidak sehat seperti konsumsi junk food akan mempercepat penurunan fungsi otak sebesar 60 persen. Junk food umumnya tinggi kalori, mengandung lemak, gula, dan garam dalam kadar yang tinggi. Kandungan zat-zat aditif seperti bumbu penyedap, pengawet, pewarna dan perasa juga sangat tinggi.

Kurangnya nutrisi atau bahkan adanya zat-zat berbahaya dalam junk food dapat menimbulkan reaksi kimia tertentu yang mengarah pada peradangan pada bagian hipokampus otak.

Selain itu makanan yang tinggi gula dan lemak juga dapat menekan aktivitas peptida otak yang disebut BDNF (brain-derived neurotrophic factor) yang membantu dalam proses pembentukan memori dan kemampuan belajar.

Terlalu banyak konsumsi makanan tinggi lemak dan gula seperti yang banyak terdapat dalam junk food secara substansial dapat meningkatkan kadar insulin dalam tubuh. ** Baca juga: Kapan Waktu Tepat Berolahraga yang Bantu Percepat Turunnya Berat Badan?

Tingginya kadar insulin membuat otak berhenti merespons hormon insulin dan kemudian menjadi resisten terhadap insulin. Hal ini dapat membatasi kemampuan otak untuk berpikir, mengingat atau menyimpan memori, sehingga meningkatkan risiko demensia.

Konsumsi junk food berlebihan juga membuat Anda kehilangan nutrisi penting seperti omega 3 dan 6, yang dapat memicu terjadinya demensia, menurunnya kemampuan belajar otak, dan gangguan dalam berkonsentrasi. Sementara kekurangan triptofan dapat meningkatkan risiko terjadinya depresi.

Yuk, batasi konsumsi junk food.(ilj/bbs)

Aneka Berita Lainnya

Atur Apartemen Sesuai Feng Shui
IMAGE Kabar6-Hunian praktis masyarakat di kota besar salah satunya adalah apartemen. Selain tidak...
Hii...Berenang di Sky Pool Serasa...
IMAGE Lantai kolam renang dari ketinggian (News.com.au) Kabar6-Rekreasi sekaligus olahraga yang...
Ketahui Penyebab Mr P Pasangan Bau
IMAGE Ilustrasi/bbs Kabar6-Tidak hanya Miss V, masalah yang membuat salah satu pasangan ilfil saat...
Luar Biasa, Konsumsi Nasi Merah Setara...
IMAGE Ilustrasi/bbs Kabar6-Mungkin Anda termasuk orang yang sering mengganti asupan nasi putih dengan...
Kalau Orang Tajir "Berulah", Apa Saja...
IMAGE Kabar6-Apa yang akan Anda beli jika memiliki uang tidak berseri alias kaya raya? Mungkin Anda akan...

Bisnis

PT Vortex Interplasindo Luncurkan...
IMAGE ORCA, helm berteknologi canggih. (Tim K6) Kabar6-Setelah sukses menggarap...
Ayo Belanja, Ada Diskon Helm...
IMAGE Diskon helm canggih di Supermall Karawaci. (Tim K6) Kabar6-Bagi Anda para...

Kuliner

Idul Fitri, Cafe Bandar...
IMAGE Cafe Bandar Durian. (agm) Kabar6- Bisnis buah durian seakan tak pernah...
Yuk, Jajal Enaknya "Soto Ayam...
IMAGE Mas Yusup, pemilik Soto Ayam Doang.(din) Kabar6-Bagi Anda yang...

Sehat

Cari Tahu Gejala Tekanan...
IMAGE Ilustrasi/bbs Kabar6-Kebanyakan orang akan lebih mengkhawatirkan masalah...
Rajin Timbang Badan Bantu...
IMAGE Ilustrasi/bbs Kabar6-Timbangan sepertinya menjadi benda yang paling...