Kabar6.Com

 

Di RS Siloam, Operasi Kanker Otak Bisa Tanpa Bedah

Kabar6-Rumah Sakit Siloam Karawaci, Tangerang, melakukan operasi kanker otak tanpa bedah dengan menggunakan GAMMA KNIFE. Dengan alat canggih ini, pasien tumor otak cukup berbaring di ruangan khusus dengan waktu kurang dari dua jam.



Kini, pasien yang mengalami kanker otak tidak harus ke luar negeri untuk melakukan operasi. Karena, kini GAMMA KNIFE sudah ada di Indonesia, meski baru  ada satu di RS Siloam Karawaci.

Alat canggih ini dibeli dari Swedia seharga 6 juta dolar Amerika. Berbentuk seperti kotak besar, GAMMA KNIFE dapat memancarkan sinar rediasi untuk menghancurkan sel-sel kanker tumor bagi penderita tanpa harus menjalani bedah tulang tengkorak.

Yeni Swandi, direktur UNIT GAMMA KNIFE RS Siloam mengatakan, biaya untuk pasien kanker otak melalui operasi sekitar 10 ribua dolar AS. Dan, dengan alat canggih ini, pasien bisa langsung pulang ke rumah usai menjalani pengobatan.

Sementara, Cristanto Dwiraharjo, salah seorang pasien kanker otak yang telah menjajal GAMMA KNIFE mengaku sangat puas. Pasalnya, dengan alat canggih itu pengobatan kanker otak tidak lagi membutuhkan waktu panjang. Dengan alat canggih ini oparasi hanya memakan waktu satu sampai dua jam. "Saya merasa lebih nyaman, karena tidak harus masuk ruang ICCU," katanya.

Ya, operasi menggunakan sinar GAMMA hampir tidak menyebabkan kerusakan pada sel-sel yang ada di sekitar target. Dalam beberapa kasus, pengobatan hanya menyebabkan sedikit efek samping dibandingkan dengan perawatan radiasi biasa.(bad)

 

Share