Awas, Makanan Mengandung Pewarna Tekstil Beredar Dipasaran

. Tangerang Selatan

Kabar6-Inspeksi mendadak (Sidak) petugas gabungan di pasar Delapan Alam Sutera, Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan berhasil menemukan makanan yang mengandung zat pewarna pakaian. Masyarakat diimbau agar waspada dan selektif didalam memilih makanan yang beredar bebas di pasaran.



"Hasil pengujian ditemukan makanan jenis permata dan pacar cina mengandung zat pewarna pakaian," ungkap Kepala Seksi Penyehatan Lingkungan dan Makanan Minuman, Dinas Kesehatan, Anton Wibawa, kepada Kabar6.com, Rabu (25/7/2012).

Anton menjelaskan, kedua makanan tersebut setelah diuji klini mengandung pewarna tekstil Rhodamin B. Menurutnya, bila makanan yang dikonsumsi mengandung zat kimia tersebut, maka dapat menjadi pemicu untuk terjadinya kanker (karsinogenik).

Sementara untuk jenis makanan yang lainnya, lanjut Anton, seperti kolang-kaling, daging ayam potong masih aman dikonsumsi. Dia menyarankan, sebelum membeli produk makanan kemasan agar memperhatikan label dari Badan Pengawasan Obat Makanan (BPOM).

"Bukan hanya di pasar Delapan saja, tapi juga di pasar-pasar lainnya juga ada karena dari satu produsen yang sama. Tidak etis saja bahan untuk mewarnakan pakaian digunakan di makanan. Bisa kena penyakit kanker," jelas Anton.

Sementara itu, Kepala Bidang Ketahanan Pangan pada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Ferry Payacun, mengungkapkan, setelah menemukan peredaran makanan mengandung zat kimia berbahaya. Pihaknya langsung melakuikan koordinasi kepada pengelola pasar tersebut.

Masih menurut Ferry, ketentuan larangan mengedarkan panganan tercemar telah diatur pada Undang-undang RI Nomor 7 Tahun 1996 tentang Pangan.

"Kami sudah bilang stop suplai dari distributor makanan yang terbukti. Kalau imbauan kami tidak dihiraukan ya terserah. Aparat berwajib nantinya yang akan bertindak," ungkap Ferry.

Ditempat yang sama, seorang pedagang di pasar Delapan Alam Sutera yang enggan menyebutkan namanya mengaku tidak mengetahui bila makanan yang dijajakannya itu mengandung zat pewarna tekstil. "Pemasok dari Cikokol, (Kota Tangerang) untuk pacar cina dan permata," sahutnya. (ymw)

 

Bisnis

Tangsel Raih UKM Pangan Award 2016
IMAGE Irma pengusaha Sagon Bakar (tengah).(asri) Kabar6-Sebanyak 20 Usaha Kecil...
Rayakan HUT Ke-30 Tahun, CNI Makin...
IMAGE Peluncuran produk terbaru CNI.(asri) Kabar6-Bertajuk "Your Global Partner...

Kuliner

"Weekend", Merapat ke Juego's...
IMAGE Juego's Cafe di Ruko Golden Passage Blok BG 3B Jakarta Barat.(ist)...
Makanan Tradisional Warnai...
IMAGE Ilustrasi/bbs Kabar6-Makanan ringan tradisional mewarnai kemeriahan...

Sehat

Hati-hati Pakai Tetes Mata
IMAGE Ilustrasi/bbs Kabar6-Tidak sedikit orang yang selalu menyediakan obat...
Menguap Itu Punya Manfaat...
IMAGE Ilustrasi/bbs Kabar6-Ketika merasa bosan, lelah dan mengantuk, biasanya...