APTB Diklaim Mampu Kurangi Kemacetan

. Tangerang Selatan

Kabar6-Bagi Anda yang ingin melakukan aktivitas ke daerah-daerah di ibukota, dapat memanfaatkan Angkutan Perbatasan Terintegarasi Bus (APTB). Pengelola moda transportasi massal jurusan Ciputat-Kota ini memberikan layanan gratis hingga Minggu (7/10/2012) besok.

“Kedepannya akan ada 60 bus jurusan Ciputat-Kota dan Ciputat-Senin. Dengan dilengkapi pakiran untuk para pengguna mobil pribadi yang ingin naik APTB. Lahan parkirnya seluas 2 hektar serta halte untuk menunggu mobil APTB,”kata Tasmiyati, pemilik APTB ditemui wartawan di kantornya, kemarin.

Ia menjelaskan, APTB merupakan penganti mobil bianglala C 45 jurusan Ciputat-Kota. Melayani empat rute yakni, Ciputat-Kota, Ciputat-Senin,Ciledug-Senin dan Depok-Grogol. Selama beroperasi melayani penumpang, angkutan ini menggunakan jalur busway.

Dalam waktu dekat, APTB jurusan Ciputat-Senin akan diluncurkan. 60 unit bus APTB akan menampung penumpang untuk kedua jurusan tersebut dari Ciputat. Tasmiyati mengklaim, APTB dioperasikan untuk mengurangi kemacetan penyangga ibukota.

“APTB bukan menambah kemacetan namun mengurangi kemacetan dikarenakan APTB melewati jalur busway bukan jalur biasa, namun untuk diwilayah Ciputat, APTB melewati jalur umum, “klaim Tasmiyati, sambil menambahkan, fasilitas dan standar bus hingga gaji karyawan pun harus disamakan dengan standar transjakarta.
nya.

Lanjut Tasmiyati, untuk mobil APTB, menggunakan mobil mercy dengan cc 7000 dan mengunakan bahan bakar solar euro 3 serta irit bahan bakar, untuk isi penuh diperlukan sebanyak 315 liter untuk dua hari.

Mulai awal pekan besok, tarif APTB mulai diberlakukan dengan menggunakan karcis seharga Rp 9500 hingga ke Kota. Sedangkan untuk ke Blok M yang berhenti di Masjid Agung Blok M akan dikenakan biaya sebesar Rp 6000.

Dia menjelaskan, hingga saat ini mobil yang beroperasi baru empat buah dan tiga hari lagi akan nambah menjadi enam, dan bulan ini akan bertambah menjadi 15 buah kendaraan.

“Untuk merubah kendaraan ini menjadi standar transjakarta, satu mobil membutuhkan anggaran sebesar Rp 1,5 miliar, dan APTB yang dibutuhkan sebanyak 120 unit, sehingga mencapai triunan untuk memiliki 120 unit tersebut,”katanya.

Sedangkan untuk jam operasional APTB berlangsung hingga Pukul 22.00 WIB baik dari Ciputat maupun Kota.

Lahan pakir APTB untuk para penumpang yang ingin menitipkan kendaraanya dan beralih mengunakan APTB yakni dapat menampung sekitar 300 kendaraan dengan luas pakir 2 hektar, dengan biaya penitipan mobil seharga Rp 10 ribu, motor Rp 5 ribu.

APTB Ciputat-Kota ini melintasi wilayah seperti Ciputat,Lebak Bulus,Pondok Indah,Radio Dalam, Panglima Polim,Blok M, Sudirman,Thamrin,Gajah Mada lalu Kota.(yud)

Bisnis

BSD City, Pionir Kota Pintar...
IMAGE Perwakilan Sinar Mas Land, Autodesk, & komunitas AutoCAD...
Ungkapkan Syukur, Hero Group...
IMAGE Penyerahan simbolis kurban Idul Adha 1437 H.(asri) Kabar6-Memperingati...

Kuliner

Sambel Parah, Lezat Kenyang...
IMAGE Gerai Sambel Parah didesain dari barang daur ulang.(asri) Kabar6-Hampir...
Enaknya Mantap di Festival...
IMAGE Suasana Festival Kuliner Serpong.(asri) Kabar6-Untuk keenam kalinya...

Sehat

Yuk, Kurangi Konsumsi Air Es...
IMAGE Ilustrasi/bbs Kabar6-Seringkali usai makan Anda langsung mengonsumsi air...
Tanpa Disadari, Makanan Ini...
IMAGE Ilustrasi/bbs Kabar6-Bau mulut tidak hanya karena kita kurang bersih atau...