Kabar6.Com

 

Letak Kamar Mandi dan WC Menurut Fengshui

Kabar6-Ada beberapa masalah tentang letak wc/kamar mandi yang dianggap salah menurut Feng Shui, antara lain:

1. Letak wc di sisi depan berdekatan dengan pintu utama.
Letak wc di depan rumah secara tidak langsung akan menyebarkan Sha Qi pada orang atau tamu yang akan masuk ke rumah. Energi buruk ini punya kuat untuk mempengaruhi syaraf berpikirnya seseorang agar bertindak negatif. Maka jangan heran kalau ada rumah dengan komposisi seperti ini sering mengalami penipuan, termasuk kemasukan maling/rampok.

2. WC berhadapan dengan dapur.
Pintu wc yang berhadapan dengan pintu dapur secara otomatis akan terjadi satu keadaan yang tidak menguntungkan, karena dua pintu yang saling berhadapan akan menimbulkan efek dorong dan hisap antara udara yang ada pada ruang yang dimaksud.
Dapur sendiri sebagai tempat pengolah makanan kondisi sanitasinya harus terjaga sepenuhnya dan minuman bagi penghuninya, kalau terkontaminasi dengan virus dalam udara yang berasal dari wc, tentunya dapat mengundang berbagai penyakit yang membahayakan.
Sebab itu, Feng Shui yang dijabarkan melalui budaya China mengatakan bahwa wc dan dapur yang berhadapan akan merusak keharmonisan suami istri dan menumbuhkan Sha Qi semakin berkuasa.

3. WC berhadapan dengan kamar tidur.
Pintu kamar tidur wajib dilindungi agar tidak bertatapan dengan pintu wc/kamar mandi baik yang ada di luar kamar tidur maupun wc yang ada di dalam kamar.

Komposisi ini dapat menciptakan keadaan yang tidak baik khususnya untuk kesehatan dan keharmonisan hubungan suami istri. Dalam keadaan yang ekstrem dapat pula menyebabkan seseorang sulit memiliki keturunan, sebaiknya letak salah satu pintu digeser sehingga tidak bertatapan. Komposisi ini juga berlaku untuk tata ruang sebuah kantor.

4. Pintu WC terlihat dari pintu masuk.
Tata ruang ini jelas sangat tidak etis dari sisi etika, tetapi sering kita temukan di beberapa desain perumahan dengan alasan klasik untuk nilai-nilai yang bersifat praktis.

Dalam penjabaran Feng Shui, komposisi seperti ini jelas akan berdampak sangat tidak menguntungkan rezeki dan keuangan penghuni, sebab Qi yang masuk langsung tersedot hilang ke dalam wc.

Bagi orang yang tidak bisa memahami filosofis Feng Shui, penjabaran ini mungkin terasa tidak masuk akal, mana ada urusan pintu wc dengan rezeki? Tetapi ini adalah satu penelitian tentang dampak dari komposisi yang tidak benar terhadap kehidupan orang yang tinggal di dalamnya.

Letak kamar mandi/wc yang dianggap benar menurut Feng Shui itu yang bagaimana?

1. Sebaiknya letaknya di sudut belakang rumah, setidaknya agak ke belakang. Yang penting tidak di bagian depan sejajar dengan dinding luar.

2. Kalau letaknya harus ada di ruang keluarga atau kamar tidur, sebaiknya posisinya sedikit tersembunyi dengan ventilasi alam yang baik dan benar, maksudnya ada jendela yang bisa mengakses ke taman atau ruang terbuka.

3. Untuk wc/kamar mandi yang terjepit diantara dua kamar tidur, sebaiknya di bagian plavon memiliki rongga dan kaca yang tembus cahaya agar bau tak sedap dan kelembaban bisa dikurangi.

4. Pintu wc jangan bertatapan dengan pintu ruang lainnya. Bila ada yang bertatapan sebaiknya mengeser salah satu pintu atau memberi satu penyekat masif diantara dua pintu yang bertatapan.
(Sumber Mas Dian MRE/sak )

Share